Scroll to Top

FA Cup: Lima Pertandingan Derby Terbaik

By Wan Faizal / Published on Friday, 13 Apr 2012

FA Cup 2011-2012 menghadirkan sesuatu yang cukup seru dalam babak semifinal. Yakni akan dimainkannya dua laga derby di Stadion Wembley pada 14 dan 15 April 2012 esok.

Partai pertama akan mempertemukan Merseyside Derby antara Liverpool vs Everton. The Toffees dipastikan akan membawa dendam kesumat di laga ini setelah mereka dua kali dipermalukan oleh The Reds di Premier League musim ini tanpa bisa mencetak satu pun gol.

Sementara itu, pertandingan lain akan menyajikan London Derby antara Tottenham Hotspur vs Chelsea. Jika melihat serunya pertandingan antara kedua kubu di musim ini, tentu haram hukumnya untuk melewatkan laga tersebut.

Dua pertandingan derby tersebut juga bukan untuk yang pertama kali tersaji di FA Cup. Sebelumnya juga telah banyak dipertemukannya dua tim yang berada dalam satu wilayah di ajang yang cukup tua tersebut.

Berikut adalah lima pertandingan derby terbaik dalam sejarah FA Cup:

Final FA Cup 1989: Everton 2-3 Liverpool

Partai final ini digelar hanya lima minggu setelah terjadinya Tragedi Hillsborough yang menewaskan 96 fans Liverpool. Maka, tak heran jika semua yang ada di stadion saat itu memberikan penghormatan kepada para korban sebelum pertandingan dimulai. Para pemain juga mengenakan pita hitam di lengannya sebagai tanda duka cita.

FA Cup - Everton 2-3 Liverpool

Pertandingan itu sendiri berjalan cukup menarik karena harus diselesaikan dengan perpanjangan waktu. Dalam waktu normal 90 menit, kedua tim bermain imbang 1-1 dimana Liverpool unggul terlebih dulu di menit keempat lewat gol John Aldridge, sebelum disamakan di menit 89 oleh pemain pengganti, Stuart McCall.

Pertandingan berjalan semakin menarik di extra time. Liverpool kembali unggul di menit 95 lewat Ian Rush. Namun, McCall kembali menyamakan kedudukan di menit 102. Beruntung bagi Liverpool karena memiliki pemain sekelas Rush yang akhirnya mampu mencetak gol kemenangan di menit 104.

Kemenangan tersebut tentu bisa menjadi inspirasi bagi Kenny Dalglish, manajer Liverpool saat ini yang kebetulan juga menukangi Liverpool yang menjuarai FA Cup 1989.

Putaran Kelima FA Cup 1991: Everton 4-4 Liverpool

Tercipta delapan gol dalam pertandingan FA Cup putaran kelima yang digelar di Stadion Goodison Park pada 20 Februari 1991 tersebut.

FA Cup - Everton 4-4 Liverpool

Empat gol Everton kala itu disumbang oleh dua pemain yang sama-sama mencetak dua gol, yakni Graeme Sharp dan Tony Cottee. Sementara empat gol Liverpool dikemas oleh Peter Beardsley (dua gol), Ian Rush, dan John Barnes. Beberapa hari setelah laga itu, Kenny Dalglish memutuskan mundur dari kursi manajer Liverpool.

Tanpa Dalglish, Liverpool tak mampu mengulangi kisah manis di FA Cup 1990 karena kalah 1-0 lewat gol tunggal Cottee dalam laga replay.

Semifinal FA Cup 1991: Tottenham 3-1 Arsenal

Laga ini diwarnai dengan gol spektakuler Paul Gascoigne di menit kelima yang dicetak dari jarak 35 yards. Spurs lantas menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat aksi Gary Lineker lima menit setelah gol Gascoigne.

FA Cup - Tottenham 3-1 Arsenal

Arsenal yang kala itu berambisi meraih double winners menipiskan skor di menit 45 lewat Alan Smith. Namun gol kedua Lineker di menit 78 membuyarkan harapan para pemain The Gunners.

Spurs sendiri akhirnya menjuarai FA Cup 1990-1991 setelah di partai final mengandaskan Nottingham Forest dengan skor 2-1.

Putaran Kelima FA Cup 2004: Manchester United 4-2 Manchester City

Salah satu pertandingan paling seru dalam FA Cup edisi 2003-2004. Manchester United yang bermain di kandang sendiri unggul di menit 34 lewat Paul Scholes. Namun, petaka bagi United datang lima menit setelahnya saat Gary Neville menerima kartu kuning keduanya dan harus keluar lapangan.

FA Cup 2004 - Manchester United

Meski demikian, mental juara yang telah tertanam kuat dalam diri para punggawa Setan Merah benar-benar terbukti saat itu. meski bermain dengan 10 pemain, mereka mampu unggul 3-0 lewat dua gol Ruud van Nistelrooy (71’) dan Cristiano Ronaldo (74’).

City mampu menipiskan skor lewat Michael Tarnat di menit 78. Namun Ruudtje menambah keunggulan The Red Devils dua menit berselang. Robbie Fowler mencetak gol kedua City di pertandingan tersebut di menit 86.

Di akhir turnamen, United keluar sebagai juara setelah mengalahkan Millwall di partai final dengan skor telak, 3-0.

Putaran Kelima FA Cup 2010: Southampton 1-4 Portsmouth

Bukan laga antar tim besar memang, tapi tetap saja yang namanya pertandingan derby akan menyajikan pertandingan yang menarik. Dan hal itulah yang terjadi dalam South Coast Derby antara Siuthampton vs Portsmouth dalam putaran kelima FA Cup 2009-2010.

FA Cup - Southampton 1-4 Portsmouth

Portsmouth unggul lebih dulu di menit 66 lewat gol Quincy Owusu-Abeyie sebelum tuan rumah menyamakan skor empat menit berselang lewat Rickie Lambert.

Sayangnya, setelah itu The Saints justru melemah sehingga gawang mereka diberondong tiga gol oleh The Pompey yang masing-masing dicetak oleh Aruna Dindane, Nadir Belhadj, dan Jamie O’Hara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda