Jangan Makan Sayur dan Buah Ini Saat Hamil

makanan ibu hamilSayur dan buah adalah komponen penting yang harus selalu dikonsumsi. Kandungan mineral dan vitaminnya serta serat banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Namun, terkadang ada kondisi yang membuat seseorang malah harus menghindar dari buah dan sayur tertentu, sebab kandungannya kurang baik untuk tubuh. Misalnya saat seorang wanita sedang hamil.

Janin yang ada dalam kandungan sangat rentan dan perlu dijaga agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Termasuk juga menghindari konsumsi makanan yang bisa berpengaruh buruk pada kesehatan janin tersebut.

Berikut adalah buah dan sayur yang harus dihindari saat sedang hamil, seperti dikutip dari Onlymyhealth;

  • Nanas

Buah ini sejak dulu kerap dikatakan sebagai makanan yang bisa menyebabkan keguguran. Kandungan bromelain dalam nanas, dikatakan dapat membuat leher rahim lunak dan memicu persalinan dini.

  • Pepaya

Pepaya yang mentah atau setengah matang banyak mengandung lateks, yang jika dimakan berefek menimbulkan kontraksi rahim. Hindari mengkonsumsi pepaya mentah atau setengah matang pada usia kehamilan awal. Namun jika pepaya tersebut telah benar-benar matang, maka tak apa memakannya, sebab bisa membantu menyembuhkan sembelit.

  • Anggur

Buah anggur sebaiknya dihindari pada kehamilan besar atau akhir. Buah bahan pembuat minuman keras ini dipercaya menyebabkan kandungan menjadi ‘panas’.

  • Lalapan

Sebenarnya memakan sayuran mentah sebagai lalapan, kandungan vitamin dan mineralnya lebih baik dari pada sayur yang dimasak. Namun yang dikhawatirkan adalah pencucian yang kurang bersih dan higinis hingga membuat bakteri dan kuman berbahaya yang ada pada makanan mentah tersebut bisa menginfeksi janin.

 

Komentar Anda

Leave A Response