Scroll to Top

Gempa Aceh Masih Terus Terjadi

By Ika / Published on Friday, 13 Apr 2012

Bencana gempa kembali melanda Aceh pada hari Rabu (11/4) lalu dengan kekuatan 8,5 SR. Gempa yang terjadi pada pukul 15:38 WIB tersebut sontak membuat warga Kabupaten Simeuleu dan sekitarnya menjadi panik, apalagi BMKG sempat memberi peringatan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami.

Gempa

Walau akhirnya peringatan tsunami itu dicabut, gelombang tsunami kecil sempat terjadi di Kampung Sentosa, tepatnya di atas Gunung Carak atau Gunung TVRI Calang sesaat setelah gempa terjadi. Gempa Aceh ini sendiri menimbulkan 5 korban jiwa, beberapa orang luka-luka, dan 1 dalam kondisi kritis.

“Berdasarkan hasil pendataan korban dan kerusakan bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh hingga siang ini, terdapat lima orang meninggal dunia, satu orang kritis, dan enam orang luka ringan,” kata Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Sampai hari ini, Jumat (13/4), warga Aceh terus waspada terhadap gempa walau mereka sudah mulai beraktivitas normal seperti hari biasa. Sementara itu gempa susulan masih terus  saja terjadi.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada hari ini saja sudah terjadi beberapa kali gempa. Gempa susulan berkekuatan 5 SR sempat terjadi pada pukul 02:25 WIB pagi di Kabupaten Aceh Jaya, sedangkan gempa susulan terkahir terjadi di Kabupaten Simeuleu pada pukul 12:08 WIB siang tadi dengan kekuatan 5,2 SR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda