Scroll to Top

Memori RAM DDR4 Akan Gantikan DDR3 Di Tahun 2014?

By Ditya / Published on Friday, 13 Apr 2012

Samsung DDR4

Saat ini memori RAM yang paling populer digunakan PC maupun notebook berjenis DDR3 (Double Data Rate 3), kabarnya, pada tahun 2014 nanti, dominasi DDR3 akan digantikan oleh generasi DDR4.

Memori RAM (Random Access Memory) adalah memori yang berfungsi untuk menimpan data sementara sebelum digunakan atau diproses oleh sistem.

Memori RAM sendiri terdapat berbagai jenis antara lain SDR (Single Data Rate), DDR1, DDR2 dan yang saat ini populasinya mendominasi dan digunakan oleh komputer atau notebook terbaru adalah DDR3.

Perkembangan prosesor saat ini semakin canggih, Intel dengan Ivy Bridge dan AMD dengan Trinity memerlukan bandwith yang cukup. DDR4 mulai dikembangkan untuk mencukupi kebutuhan bandwith prosesor canggih mendatang.

Saat ini, standar memori DDR4 masih dalam proses dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 tahun.

Apa kelebihan memori DDR4 dibanding DDR3 yang yang populer saat ini? DDR4 memiliki standar kecepatan yang lebih tinggi dan menghasilkan bandwith yang lebih besar sehingga meningkatkan performa sistem komputer secara keseluruhan.

Seperti yang dikutip dari VR-Zone, kecepatan awal DDR4 adalah DDR4-2667 dan DDR4-3200 dan kecepatan yang lebih tinggi adalah DDR4-4000 dan DDR4-4266, kenaikan yang cukup tinggi dibanding DDR3.

Kelebihan lain dari DDR4 adalah lebih hemat daya. Tegangan standar DDR4 adalah 1,2 volt dan versi low power hanya 1,05 volt, bandingkan dengan DDR3 yang memiliki tegangan standar sekitar 1,5 volt.

Beberapa produsen chip memori seperti Samsung dan Hynix diperkirakan dapat menyelesaikan sampel chip DDR4 dengan kecepatan tinggi tahun ini.

Penggunaan memori DDR4 secara luas diperkirakan terjadi pada tahun 2014 atau setidaknya sampai mendapat dukungan dari platform Intel dan AMD terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda