Scroll to Top

Barcelona Siap Memakai 11 Jebolan La Masia dalam Starting XI?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 14 Apr 2012

(Salah satu) pemain terbaik dunia berasal dari akademi La Masia. Apa salahnya jika Josep Guardiola memakai 11 jebolan La Masia dalam sebuah pertandingan? Semua orang menunggu dan menunggu kapan Pep berani menciptakan sejarah manis ini; di tengah keriuhan klub-klub besar yang berjaya karena pemain-pemain “impor” mereka.

Lionel Messi 2

Musim ini, Barcelona sudah pernah memakai jasa 9 jebolan La Masiadalam starting XI. Bahkan, ketika Pep Guardiola mencomot 9 produk lokal sekaligus, El Barca seolah lupa dengan hasil seri; apalagi kekalahan.

Menggunakan 10 pemain La Masia di lapangan secara serentak pun sudah dicoba dua kali oleh Pep. Yang pertama, saat Barcelona menggulung L’Hospitalet 9-0 pada pertandingan terakhir tahun 2011 lalu.

Dan, yang kedua pada laga melawan Getafe (4-0) pertengahan pekan ini. Memang, dalam starting XI melawan Getafe, ada Javier Mascherano, Adriano, dan Alexis Sanchez yang bukan berasal dari produk pembinaan Barcelona.

Namun, dua nama pertama diganti oleh pasukan La Masia pada pertengahan laga. Mascherano dicopot Marc Muniesa dan Adriano digantikan oleh Martin Montoya. Secara teknis, dalam 7 menit terakhir melawan El Geta, ada 10 pemain jebolan La Masia yang hadir di lapangan dalam pembantaian klub kota Madrid.

Barcelona

Statistik musim 2011/2012 menunjukkan perhatian khusus klub Catalan pada para pemain didikan mereka sendiri. Musim ini, sudah ada 21 pemain La Masia yang dicoba Pep Guardiola di lapangan. Mulai dari yang paling senior seperti Carles Puyol hingga bocah kecil seperti Isaac Cuenca dan Cristian Tello.

Selebihnya, cuma ada 9 pasukan yang berasal dari luar La Masia. Mulai dari Eric Abidal (32 tahun) hingga Ibrahim Afellay (26 tahun). Jumlah menit bermain pasukan La Masia dan pemain asing di Barcelona pun sangat kontras; hampir 2:1. Produk lokal sudah bermain selama 34.692 menit sedang ‘pasukan asing‘ tampil 19.761 menit.

Bicara kualitas, tidak ada yang bisa membantah ketika pasukan La Masia bersatu di lapangan. Faktanya, tiga top skorer teratas klub, berasal dari akademi lokal. Mereka adalah Lionel Messi (61 gol), Cec Fabregas (15 gol), dan Xavi Hernandez (14 gol). Pemain di luar La Masia yang paling subur adalah Alexis Sanchez (13 gol).

Barcelona 2

Begitu pula dalam jumlah menit bermain. Dua pemain paling lama di lapangan untuk Barcelona musim ini adalah produk lokal. Ada Lionel Messi (4412 menit) dan Victor Valdes (4140 menit). Barulah setelahnya muncul Dani Alves (3757 menit).

Kontribusi tinggi akademi La Masia terus dan terus terbukti. Tinggal “keberanian” Pep Guardiola untuk menciptakan sejarah baru Barcelona era kini dengan memasang 11 pemain La Masia mengisi starting XI. Hal ini mungkin akan dilakukan Pep ketika menghadapi tim yang secara teknis, mudah dikalahkan El Barca.

Nah, apakah laga melawan Levante menjadi waktu yang tepat untuk peragaan ini? Ataukah kita masih harus menunggu hingga musim depan untuk menyaksikan salah satu klub terkaya dunia dekade 2010-an memainkan semua pemain hasil didikannya sendiri di lapangan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda