Scroll to Top

Gaji Seorang Lionel Messi Lebih Banyak daripada Seluruh Anggaran Levante

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 14 Apr 2012

Awal musim ini Levante sempat “memperolok” klub-klub elite Spanyol dengan cara mereka sendiri. Pasukan Katak kebanyakan berasal dari pemain yang berstatus free transfer. Namun, dengan tim “gratisan” sekalipun klub yang bermarkas di Ciutat de Valencia pernah merasakan nikmatnya memuncaki klasemen Liga Spanyol; sebuah momen yang sempat membuat Anda akan melihat huruf raksasa “Pemimpin Klasemen” di website Levante pada waktu-waktu tersebut.

Levante 2

Kini, keadaan memang sudah berubah. Pasukan tua Levante tak lagi memimpin klasemen. Bahkan mereka harus berjuang ekstra keras untuk menjamin tiket ke Liga Champions musim depan. Saat ini, Levante duduk di peringkat lima, terpaut 2 angka dari Malaga yang mengumpulkan 50 poin.

Sebuah klub miskin yang tengah mencari prestasi (dan mungkin kekayaan). Marilah kita berandai-andai Levante mampu menembus Liga Champions; kompetisi yang akan membuat klub ‘kaya mendadak’ hanya dengan menjalani sebuah pertandingan saja.

Levante 1

Ya, bayangkanlah. Jika Levante bisa menyapu bersih seluruh pertandingan sisa; taruhlah mereka akan duduk di peringkat empat Liga Spanyol. Artinya Pasukan Katak akan tampil di babak play-off terlebih dahulu sebelum ke babak penyisihan grup. Siapa pun yang tampil di babak play-off akan mendapatkan 2,1 juta Euro. Dengan kapasitas Levante, kita bisa berkata mereka berpeluang lolos dari babak ini dan masuk babak penyisihan grup.

Untuk setiap pertandingan yang dilakoni sebuah tim di Liga Champions di babak penyisihan grup, tanpa perlu menang sekalipun, klub tersebut akan mendapatkan 550 ribu Euro. Belum lagi bonus babak 32 besar. UEFA sudah menjamin setiap klub sudah mengantongi 3,9 juta Euro terlebih dahulu sebelum berlaga. Maka, andai Levante bisa mencapai titik ini pada musim 2012/2013, mereka akan mendapatkan sekitar 9,25 juta Euro.

Anda ingin mengetahui seberapa besar uang ini untuk Levante? Angka di atas sama saja dengan 40% anggaran Levante musim ini. Ya, pasukan Ciutat de Valencia memang cuma mendapatkan jatah anggaran 23 juta Euro musim 2011/2012.

Levante 3

Sementara Liga Champions tampak begitu menggiurkan bagi Levante, kemenangan demi kemenangan harus digapai mereka; apalagi dalam laga kandang. Kebetulan, esok hari Ciutat de Valencia akan kedatangan tamu yang begitu jomplang dari segi keuangan dengan klub asal daerah Valencia ini.

Ya, Barcelona yang akan menjadi penguji kelayakan Levante masuk Liga Champions atau tidak. Barcelona musim ini mengeluarkan anggaran sebesar 460 juta Euro atau 20 kali lipat anggaran Levante.

Tak perlu membandingkan dengan seluruh kekuatan El Barca. Tengoklah saja seorang Lionel Messi. Gaji Messi dalam setahun mencapai 33 juta Euro. Artinya, andai Messi memberikan gajinya kepada manajemen Levante; jumlah tersebut masih bersisa 10 juta Euro untuk bonus pasukan Ciutat de Valencia. Sebuah pemandangan kontras dari segi perputaran uang bukan?

Levante 4

Namun, Levante tak perlu minder ketika menghadapi Barcelona. Mereka bisa bergerak mundur ke awal musim lalu. Ketika itu, pasukan Real Madrid yang pasukannya saja sudah berbanderol 390 juta Euro, bisa ditaklukkan dengan skor tipis 1-0. Kalau Madrid bisa dipermalukan, mengapa Barcelona sebagai sesama tim raksasa, tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda