Scroll to Top

Bagaimana iPad Dirakit? Inilah Videonya

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 14 Apr 2012

Perakitan iPad

Foxconn, pabrik iPad yang berada di China digempur isu tidak sedap tentang nasib dan kesejahteraan karyawannya (buruh pabrik).

Isu ini merebak, banyak wartawan yang ingin sekali meliput ke Foxconn. Namun tak semua wartawan diizinkan untuk memasuki kawasan ini.

Salah satu wartawan yang beruntung adalah Rob Schmitz, seorang jurnalis dari radio publik Amerika Serikat (AS) Marketplace.

Ia diberi kesempatan untuk masuk ke wilayah Foxconn dan meliput bagaimana produksi serta aktivitas para pekerja di Kota Shenzhen, China.

Selama kunjungannya, Rob Schmitz, merekam segala aktivitas para pekerja tatkala merakit tablet Apple – iPad.

Aktivitas ini termasuk aktivitas luar dalam. Bagaimana pekerja yang bekerja di luar ruangan serta di dalam ruangan.

Salah satu biro Marketplace China berhasil mendokumentasikan bagaimana pelbagai hardware iPad dirangkai, dipasang, dan dirakit satu demi satu.

Mulai motherboard, layar sentuh LED, hingga uji coba apakah iPad mampu menyala dengan baik atau perlu perbaikan hingga sempurna.

Dokumentasi video ini akhirnya diunggah di Youtube pada Rabu (11/04/12) silam. Dan dokumentasi ini memberikan bagaimana para pekerja Foxconn bekerja.

Kebayakan dari mereka tinggal di sebuah asrama yang telah disediakan oleh Foxconn. Setidaknya ada sebuah kesimpulan yang didapat dari video ini.

Pertama, iPad tidak 100% dirakit oleh tangan manusia. Foxconn masih meyediakan mesin dan peralatan canggih sebagai alat bantu perakitan.

Dan yang kedua, publik yang beranggapan jika Foxconn sangat kejam ternyata tidak sepenuhnya benar. Mereka masih memanusiakan manusia dengan menyediakan fasilitas olahraga bagi para pekerja.

http://www.youtube.com/watch?v=5cL60TYY8oQ&feature=player_embedded

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda