Scroll to Top

10 Foto Bersejarah Carles Puyol di Masa Muda

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 14 Apr 2012

13 April lalu, kapten Barcelona, Carles Puyol merayakan ulang tahun ke-34-nya. Tak terasa sejak memperkuat Barcelona B pada musim 1996/1997 sudah 16 tahun Puyol berkarier di dunia sepakbola profesional.

Puyol

Lima gelar juara Liga Spanyol, 3 juara Liga Champions, dan 2 gelar Piala Dunia Antar Klub sudah dipersembahkan oleh Puyol untuk Barcelona.

Kepemimpinannya di lapangan pun sudah tidak diragukan lagi. Puyol adalah seorang motivator handal yang tak peduli timnya sementara tertinggal 0-4 dan laga tinggal 10 menit. Baginya, selama masih ada menit bermain, kesempatan untuk meraih tiga angka masih bisa didapatkan. Sebaliknya, meski Barcelona sudah menang 3-0 sekalipun, Puyol tak pernah meminta rekan-rekannya untuk mengendurkan konsentrasi.

Kali ini, Sidomi menampilkan 10 foto sang kapten ketika masih sangat muda. Jika diperhatikan, tidak banyak yang berubah dari pemain yang juga mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 ini.

Carles Puyol 2

Foto 1: Hmmmm … bocah kecil yang tampak malu-malu dalam foto tahun 1983 ini adalah calon kapten Barcelona 20 tahun kemudian.

Carles Puyol

Foto 2: Carles Puyol bersama Marc Bertran ketika masih bermain bersama di Pobla de Segur, salah satu klub junior di Catalan. Marc Bertran saat ini memperkuat Osasuna.

Carles Puyol 3

Foto 3: Carles Puyol ketika menjadi kapten Barcelona junior menghadapi klub Pobla de Segur, klub yang dibela Puyol muda sebelumnya di tingkat junior.

Carles Puyol 4

Foto 4: Carles Puyol bersama Xavi Hernandez dan Gabri Garcia ketika merayakan kemenangan bersama Barcelona B. Dari ketiganya, hanya Gabri yang sekarang sudah tidak memperkuat tim Barcelona senior. Setelah 7 tahun mengenakan seragam tim utama Barcelona pada tahun 1999 hingga 2006, Gabri pindah ke Liga Belanda untuk memperkuat Ajax. Terakhir ia memperkuat Sion di Liga Swiss.

Carles Puyol 5

Foto 5: Familiar dengan wajah bocah di dekat Carles Puyol? Ya, bocah kecil ini bernama Isaac Cuenca. Anda tidak salah. Ia adalah Isaac Cuenca yang sama dengan penyerang sayap Barcelona musim ini. Sebuah takdir yang luar biasa. Oktober 1999, Cuenca berfoto dengan idola masa kecilnya dan 12 tahun kemudian, bermain dengan sang legenda.

Carles Puyol 6

Foto 6: Carles Puyol ketika memperkuat Spanyol di Olimpiade 2000. Puyol dkk. berhasil mencapai final. Sayang, ketika itu Kamerun mampu mengandaskan tim matador dalam drama adu penalti 5-3 setelah bermain 2-2 dalam waktu normal.

Carles Puyol 7

Foto 7: Carles Puyol dalam laga debutnya bersama Spanyol pada November 2000. Dalam laga tersebut Spanyol menghadapi Belanda dan harus mengakui keunggulan tim tamu 1-2. Selang 10 tahun giliran Spanyol yang berhasil membekap Belanda 1-0 di Piala Dunia 2010.

Carles Puyol 8

Foto 8: Carles Puyol saat Barcelona dijamu Liverpool di Anfield 19 April 2001 dalam ajang Piala UEFA. Liverpool memenangkan laga ini dengan skor 1-0. Gol tunggal dibuat oleh Gary McAllister di menit 44 lewat titik putih.

Carles Puyol 9

Foto 9: Carles Puyol pada musim 2001/2002. Barcelona musim tersebut duduk di peringkat empat setelah kalah bersaing dari Valencia (juara), Deportivo La Coruna, dan eal Madrid.

Carles Puyol 10

Foto 10: Ditandu keluar lapangan dalam laga penting melawan Inter Milan di babak 16 besar Liga Champions (saat itu masih memakai sistem grup). Skor akhir 0-0 dan Barcelona menjadi juara grup. Sayang langkah El Barca musim itu dihentikan oleh Juventus dengan agregat 3-2.

Foto: Chris Wright/Who Ate All The Pies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda