Scroll to Top

Piermario Morosini, Pemain Livorno Liga Italia Yang Meninggal

By Wan Faizal / Published on Sunday, 15 Apr 2012

Piermario Morosini, pemain yang bermain bagi Livorno, memberikan kabar duka bagi persepakbolaan Italia setelah ia meninggal dunia saat membela timnya bertanding melawan Pescara, Sabtu (14/4) malam WIB.

Pertandingan saat itu memasuki menit 33 ketika Morosini mendadak kejang-kejang di lapangan dan jatuh tak sadarkan diri setelahnya. Morosini diduga mengalami serangan jantung, sama seperti yang dialami oleh Fabrice Muamba bulan lalu.

Para pemain dan ofisial dari kedua klub mendadak panik dan langsung memberikan pertolongan pertama pada Morosini di lapangan. Ironisnya, sebuah kabar menyebutkan bahwa tidak ada defibrillator untuk membantu menyelamatkan nyawa Morosini saat itu.

Pemain berusia 25 tahun itu akhirnya dibawa mobil ambulans menuju rumah sakit. Namun nyawanya tak tertolong lagi dan meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Morosini kolaps

Atas kejadian ini, FIGC selaku otoritas tertinggi sepakbola Italia memutuskan untuk meniadakan semua pertandingan sepakbola di Italia pada akhir pekan ini demi menghormati Morosini dan keluarga serta rekan yang ditinggalkannya.

Morosini adalah pemain kelahiran Bergamo, Italia, 5 Juli 1986. Namanya memang tidak terlalu dikenal publik sepakbola secara luas karena kariernya hanya berkutat di klub-klub kecil.

Pemain bertinggi 183cm itu memulai kariernya di tim junior Atalanta sebelum bergabung dengan Udinese pada awal musim 2005-2006 dengan status kepemilikan bersama.

Morosini kemudian sempat berpetualang ke Bologna (2006-2007) dan Vicenza (2007-2009) sebelum kembali ke Udinese pada awal musim 2009-2010.

Namun, pemain berposisi gelandang tersebut tidak bertahan lama disana. Ia dipinjamkan berturut-turut ke Reggina (2009-2010), Padova (2010), Vicenza (2011), dan Livorno (2012).

Meski demikian, karier Morosini di timnas cukup benderang. Tercatat, ia memulai debut di Timnas Italia U-17 pada usia 15 tahun dengan torehan satu gol dalam 16 kali main. Selanjutnya, ia juga pernah bermain bagi Timnas Italia U-17 (16 main, 1 gol), Italia U-18 (7 main), Italia U-19 (12 main), Italia U-20 (3 main), dan Italia U-21 (18 main).

Calcio in Lutto…Ciao, Morosini… 

Berikut adalah video ketika Morosini mengalami kejang dan lalu kolaps di lapangan:

Dan di video ini, apakah Anda melihat adanya defibrillator untuk membantu menyelamatkan nyawa Morosini?

http://www.youtube.com/watch?v=F3KDe2jrCzs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda