Scroll to Top

Apa Saja Makanan Terbaik Untuk Jantung Anda?

By C Novita / Published on Sunday, 15 Apr 2012

makanan untuk jantung

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling penting dan seharusnya lah paling diperhatikan kesehatannya. Dan mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat jantung, bisa jadi salah satu cara untuk merawatnya.

Berikut adalah makanan sehat untuk jantung yang dapat Anda konsumsi setiap hari, sebagai makanan pokok atau pun camilan saja seperti dikutip dari Health.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan penganan dari gandum utuh yang mengandung minyak omega 3, folat, dan potasium.  Semua kandungan tersebut dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang membahayakan jantung serta membantu membersihkan arteri.

  • Salmon

Mengkonsumsi sepotong ikan Salmon 2 kali seminggu sudah cukup untuk membantu menjaga jantung Anda menjadi sehat dan menjauhkan resiko terkena serangan jantung. Salmon mengandung carotenoid astaxanthin, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Selain juga omega 3.

  • Alpukat

Alpukat membantu menurunkan kadar LDL, dan membantu penyerapan beta karoten dan likopen dari makanan lain seperti bayam. Ia sangat berguna untuk kesehatan jantung.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan lemak tak jenuh, sehingga bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam darah. Gunakan minyak zaitun sebagai bahan pengganti minyak goreng, dan Anda akan jauh lebih sehat.

  • Kacang-kacangan

Misalnya kacang mete, almond, dan kedelai hitam juga putih, kaya akan lemak omega 3 dan lemak tak jenuh ganda. Serat yang dikandung kacang-kacangan pun amat baik untuk pencernaan.

  • Buah berry

Keluarga berry seperti strawberry, blackberry, dan blue berry, kaya akan zat anti-peradangan (anti-inflammatories) yang baik untuk menurnkan resiko serangan jantung dan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda