Scroll to Top

Deportivo La Coruna Promosi Ke Primera Division Liga Spanyol?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 16 Apr 2012

Sembilan pekan ke depan akan terasa begitu lama bagi pendukung Deportivo La Coruna. Mantan klub yang pernah menjadi salah satu penguasa Primera Division pada akhir 1990-an hingga awal dekade 2000-an ini semakin dekat dan semakin dekat lagi untuk kembali merasakan nikmatnya berlaga di kompetisi teratas Liga Spanyol.

Deportivo La Coruna

Dengan kemenangan ketat atas Celta Vigo 2-3, saat ini Super Depor mengantongi nilai 72; hasil dari 23 kemenangan, 5 seri, dan 7 kali terdepak dalam 33 pertandingan.

Tepat di bawah bendera Deportivo La Coruna yang melayang tinggi, ada Real Valladoid yang mengantongi 64 angka. Artinya, dengan margin delapan poin, Super Depor tidak hanya berpeluang promosi, tetapi juga untuk menjadi juara Segunda Division.

Kemungkinan tersial dalam sembilan laga sisa, La Coruna hanya akan terpeleset ke babak play-off promosi-degradasi. Saat ini mereka terpaut 19 poin dari peringkat ketujuh, Almeria. Dalam aturan Segunda Division, posisi pertama dan kedua dipastikan mendapatkan jatah langsung ke Primera Division. Sementara, peringkat tiga hingga enam menjalani play-off.

Deportivo La Coruna 2

La Coruna yang saat memang bukan seperti La Coruna 10-13 tahun lalu. Tidak ada lagi Roy Makaay yang bisa mencetak gol sesuka hati. Tidak ada pula Djalminha yang temperamental, tapi memiliki skill di atas rata-rata.  Diego Tristan yang pernah menjadi salah satu penyerang paling disegani di La Liga pun sudah gantung sepatu.

Yang tersisa dan masih menjadi tulang punggung tim adalah Juan Carlos Valeron, playmaker ajaib di masanya yang kini berusia 36 tahun. Manuel Pablo, rekan seangkatan Valeron yang turut menikmati gelar La Liga musim 1999/2000, juga masih dipakai hingga hari ini.

Valeron pun masih berperang bersama pasukan yang sama seperti ketika Super Depor terakhir kali berlaga di Primera Division musim lalu,  seperti bek Ze Castro (29 tahun), kiper Daniel Aranzubia (32 tahun), atau Diego Colotto (25 tahun). Termasuk duo penyerang Riki Soto dan Lassad Nouioui yang masing-masing sudah mencetak 10 gol.

Resminya La Coruna kembali ke Primera Division memang masih menunggu waktu. Keajaiban mungkin akan menggagalkan klub yang berdiri tahun 1904. Namun, tak ada salahnya kita berkata 99,99% Super Depor akan melawan Barcelona dan Real Madrid musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda