Scroll to Top

Pendiri Google : Facebook Dan Apple Adalah Ancaman Bagi Kebebasan Internet

By Ditya / Published on Monday, 16 Apr 2012

Sergey Brin

Sergey Brin, salah seorang pendiri Google mengatakan pernyataan terbuka bahwa Facebook dan Apple adalah salah satu ancaman kebebasan internet.

Dalam sebuah wawancara dengan Guardian, Sergey Brin memperingatkan bahwa  kebebasan internet berada dalam bahaya dari ancaman yang kuat termasuk Apple dan Facebook.

Sergey Brin mengidentifikasi ancaman serius terhadap internet sangatlah terbuka karena pemerintah secara represif mencoba mengontrol akses internet dengan dalih mencegah pelanggaran hak cipta terhadap industri hiburan.

Pendiri Google tersebut mengatakan bahwa Facebook dan Apple menutup ruang inovasi, dia juga menambahkan bahwa Google tidak akan pernah ada jika Facebook masih dominan.

“Anda harus bermain sesuai peraturan mereka dan membatasi lingkungan yang kami kembangkan di Google. Kami mampu mengembangkan mesin pencari web yang begitu terbuka, namun setelah anda mendapatkan terlalu banyak aturan, maka akan menghambat inovasi,” kata Sergey Brin.

Sergey Brin ingin membuat semua informasi di Facebook dan aplikasi Apple dapat diakses oleh mesin pencari Google, menurutnya, sebuah web yang terbuka sangat baik bagi dunia.

Google sendiri menciptakan jejaring sosial Google+ untuk menandingi jejaring sosial paling populer, Facebook. Sedangkan Apple adalah pesaing utama Google di pasar smartphone dan tablet.

Seperti yang dikutip dari CNET, pendiri Google ini juga mengeluhkan sulitnya Facebook bagi pengguna yang ingin memindahkan data mereka di Facebook ke layanan lain seperti Google+.

Sang penemu web, Tim Berners Lee mengatakan, “Salah satu bahaya internet adalah sebuah situs jejaring sosial, -atau sebuah mesin pencari atau sebuah browser yang terlalu besar dan menjadi sebuah monopoli yang membatasi inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda