Scroll to Top

Kala Serangga Masuk Telinga

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 09 Jul 2011

serangga-telinga
Pernahkah telinga Anda kemasukan serangga atau hewan lain? Rasanya sangat mengganggu. Apalagi, telinga memiliki lapisan yang cukup sensitif. Kekhawatiran juga muncul kalau saja hewan tersebut berjalan hingga gendang telinga.  Untuk mengeluarkannya saja susah. Akhirnya, Anda perlu pergi ke dokter spesialis THT untuk mengambilnya.

Serangga juga makhluk yang butuh kenyamanan berlindung. Philip Koehler, PH.D., profesor entomology Universitas Florida, mengatakan, kemungkinan mereka itu sedang mencari perlindungan.

Tidak ada standar yang pasti untuk metode mengeluarkan hewan dari telinga. Bisa saja cocok pada satu kasus, bisa pula kurang tepat untuk kasus lain.  Misalnya, dalam New England Journal of Medicine, ada seorang dokter ilmu kesehatan dari Universitas Negeri New York yang menyedot kecoa dengan ujung hisap logam di saluran telinga seorang telinga. Ada pula yang cukup mengambil hewan di telinga dengan sebuah pinset.

Jika suatu hari telinga Anda didapati seekor hewan sedang, jangan panik dulu. Dr Benjamin Crane, MD, asisten profesor THT di University of Rochester Medical Cente, New York memberi saran, Anda bisa memasukkan minyak mineral atau sesuatu yang aman di saluran telinga yang berfungsi membunuh hewan tersebut, dan membuat Anda lebih nyaman.

“Tetapi, Anda kemudian harus pergi ke ruang gawat darurat atau ke kantor otolaryngologist (THT) untuk mengambilnya,” kata Crane.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda