Scroll to Top

Teknologi Terbaru Ubah Gelombang Radio Menjadi Energi

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 10 Jul 2011

Periset dari Georgia Tech telah menemukan cara baru untuk mendapat energi dari gelombang elektromagnetik di udara. Alat tersebut diproduksi menggunakan inkjet dari printer dan mengumpulkan daya dalam jumlah kecil dan ukuran frekuensi yang besar, mulai dari radio FM ke radar.

Teknologi tersebut tidaklah baru, periset-periset telah memiliki konsep dan beberapa peralatan yang bisa mengumpulkan energu daru sinyal WiFi tapi biasanya alat ini hanya menarik daya dari potongan kecil spektrum elektromagnetik, sekitar beberapa KHz. Sistem yang baru ini menarik daya dalam ukuran spektrum yang lebih besar, 100 MHz hingga 15 GHz.

Selain itu, seperti yang dikutip dari Arstechnica, sensor yang mengumpulkan daya tersebut mudah dibuat. Untuk mencetak sirkuit di kertas atau kertas polimer, para periset menggunakan inkjet dari printer dan menambah emulsi partikel nano yang dimilikinya. Sirkuit yang dicetak di polimer saat ini masih kurang memadai namun para periset memiliki kisaran yang lebih besar dan mengumpulkan daya hingga 60 GHz.

Perangkat semacam ponsel mungkin saja suatu hari nanti menggunakan sinyal radio sisa untuk mengisi baterai mereka sendiri, namun jumlah energi yang didapat sangat kecil, sekitar 50 miliwatt dan sistem tak bisa membuat perangkat tersebut bertahan

Bagaimanapun, jika suatu daya bisa membuat kapasitor kecil, maka dia bisa menyalakan perangkat sebentar seperti misalnya sensor temperatur atau menyuplemen alat pengumpul daya semacam panel solar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda