Scroll to Top

UN 2012 Sebabkan Beberapa Siswa Alami Gangguan Jiwa

By Ika / Published on Tuesday, 17 Apr 2012

Ujian Nasional (UN) 2012 telah dimulai sejak hari Senin (16/4) kemarin dan diikuti oleh seluruh siswa tingkat SMA di Indonesia. Namun tercatat ada puluhan bahkan ratusan siswa yang ternyata tidak mengikuti UN 2012. Beberapa di antaranya karena sakit, menikah, ada yang mundur karena tidak meneruskan pendidikan, dan ada pula yang  memang tidak diizinkan ikut UN karena tengah hamil.

Siswa UN 2012

Sementara itu beberapa siswa lain yang gagal ikut UN ternyata karena mereka mengalami stres. Mereka tampaknya terlalu terbebani oleh ujian dan ketakutan oleh bayangan tidak lulus UN. Misalnya saja seorang siswi di Bengkulu, ia akhirnya tidak ikut ujian karena mengalami gangguan kejiwaan.

“Orang tua siswi sendiri yang datang menemui kepala sekolah guna untuk meminta izin anaknya tidak bisa ikut ujian nasional karena sakitnya istimewa,” kata Dasman Gusti selaku Ketua UN Dinas Pendidikan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, seorang siswi SMK juga dilaporkan mengalami gangguan mental yang disebabkan rasa takut berlebihan terhadap UN.

“Penyebabnya karena ketakutan, ketakutan karena menghadapi UN,” kata Jaenal Mutaqin, Kepala Sekolah SMK Rajapolah, Tasikmalaya.

Walau begitu siswi tersebut akhirnya tetap datang ke sekolah dan menjalani UN setelah permintaannya untuk mengerjakan soal ujian di rumah ditolak oleh pihak sekolah dan Tim Pemantau Independen (TPI) UN 2012. Dalam keadaan sakit dan stres, siswi tersebut tetap berhasil mengerjakan soal-soal UN.

“Konsultasi dengan TPI, tidak bisa mengikuti ke sana (di rumah), soal tidak boleh dibawa, maka si anak dibawa ke sekolah, dalam keadaan sakit,” kata Jaenal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda