Scroll to Top

KPI Hentikan Sementara Program TVRI ‘Indonesia Sehat’

By Tyas / Published on Tuesday, 17 Apr 2012

Komisi Penyiaran Indonesia atau disingkat KPI kembali bertindak. Kali ini giliran Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang kena getahnya. Pasalnya, salah satu program TVRI, ‘Indonesia Sehat’ dianggap telah lalai karena tidak mencantumkan kategori usia dalam penayangan pada Jumat, 13 Maret 2012 kemarin.

kpi

KPI memberikan sanksi pada TVRI dengan surat bernomor 234/K/KPI/03/12, tertanggal 28 Maret 2012. Berikut isinya dilansir Tabloid Bintang.

Pada tanggal 13 Maret 2012 mulai pukul 08.30 WIB menayangkan gambar alat kelamin pria dan wanita, ketelanjangan, dan penayangan bagian tubuh yang terpotong dalam program tersebut. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap perlindungan terhadap anak-anak dan remaja, adegan seksual, adegan kekerasan, serta norma kesopanan dan kesusilaan yang disiarkan oleh lembaga penyiaran. KPI Pusat juga menemukan pelanggaran penayangan gambar alat kelamin wanita pada program yang sama pada tanggal 8 Maret 2012. Penayangan gambar tersebut telah melanggar P3 Pasal 8, Pasal 10, Pasal 13, dan Pasal 14 serta SPS Pasal 9, Pasal 13 ayat (1), Pasal 17 huruf a, dan Pasal 26 ayat (3) huruf a.

Karena kelalaian ini, tayangan ‘Indonesia Sehat’ diharuskan untuk tidak ditayangkan pada 2-6 April dan 9-10 April kemarin. Dengan pelanggaran ini KPI ingin menghapus anggapan bahwa stasiun televisi negara bebas dari awasan. Selain itu, KPI juga berharap kelalaian – kelalaian seperti ini dapat dihindari di masa mendatang karena televisi sangat berpengaruh sebagai media informasi seluruh golongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda