Scroll to Top

Inilah Hardisk Super Kencang, Western Digital VelociRaptor 1TB!

By Ditya / Published on Tuesday, 17 Apr 2012

VelociRaptor

Produsen hardisk terkemuka, Western Digital telah me-refresh jajaran hardisk premium super cepat, VelociRaptor.

Sebelumnya, Western Digital mengandalkan Raptor yang berukuran 3,5 inci dan diteruskan dengan generasi VelociRaptor genarasi pertama dan kini Western Digital meluncurkan VelociRaptor baru dengan kapasitas 1 TB (Terrabyte).

Apa istimewanya hardisk WD VelociRaptor ini? Jika dianalogikan dengan motor, maka VelociRaptor ini adalah motor sport 1000cc yang mengandalkan kecepatan sebagai fitur andalan.

VelociRaptor generasi baru ini memungkinkan penggunaan kapasitas 1TB dicapai hanya menggunakan 2 platter, jadi masing-masing platter berkapasitas 500GB.

Sama dengan VelociRaptor sebelumnya, hardisk super kencang ini menggunakan platform hardisk 2,5 inci dan dilengkapi heatsink yang berukuran besar untuk meredam panas yang ditimbulkan.

Western Digital VelociRaptor ini memiliki kapasitas 1000GB atau 1TB dengan kecepatan putar 10.000rpm (rotation per minute), 64MB cache dan menggunakan interface Serial ATA 6Gb/s.

Western Digital juga melengkapi hardisk super kencangnya dengan fitur-fitur khas Western Digital seperti No Touch ramp load technology, icepack mounting frame dan pre-emptive wear leveling technology.

Seperti yang dikutip dari Xbitlabs, Western Digital menjanjikan kecepatan transfer hingga 200MB/s dengan konsumsi daya 5,8W.

“WD berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan pelanggan dengan menghadirkan hardisk SATA yang dapat diandalkan dan merupakan yang terbaik dari kami, WD VelociRaptor akan memenuhi janji tersebut. Dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 1TB dan kecepatan yang unggul membuat VelociRaptor memiliki kombunasi sempurna sesuai keinginan pengguna,” kata Darwin Kauffman, VP and general manager dari WD enterprise storage.

Hardisk super kencang ini dibandrol $319 untuk kapasitas 1TB, $209 untuk kapasitas 500GB dan $159 untuk kapasitas 250GB.

Sampai saat ini, VelociRaptor belum memiliki saingan langsung, namun kehadirannya akan bersaing dengan solid-state drive yang kini mulai banyak dilirik pengguna untuk menggantikan hardisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda