Scroll to Top

Ada Kolam Soda di Tapanuli Utara

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Apr 2012

aek rara

Sulit dipercaya jika sebuah kolam alami memiliki air layaknya soda. Tapi, ini benar-benar terjadi. Coba saja Anda berkunjung ke daerah Kaki Bukit Desa Parbubu I, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Di sana terdapat sebuah kolam yang mempunyai bau khas seperti soda dan mengeluarkan gelembung layaknya softdrink yang baru saja dibuka.

Masyarakat setempat menyebutnya Aek Rara. Kolam ini awalnya ditemukan oleh O Tobing Sihite. Dia seorang bidan yang menemukan keanehan pada mata air yang ditemuinya. Atas inisiatif Sihite dan keluarganya, lokasi di sekitar mata air dibuat kolam pemandian untuk umum. Dan, itu gratis.

Disarankan untuk memakai kacamata kalau Anda nyebur ke kolam. Kalau kena mata, bisa-bisa terasa pedih. Tapi, kolam ini tidak lengket sebagaimana soda dari pabrikan. Gelembungnya membuat kolam serasa sedang mendidih. Padahal, sebenarnya air tidak panas.

Hanya saja, ada aturan main selama berada di sana. Jaga kelakuan selama di kolam ini. Pengunjung sama sekali tidak diperkenankan mengeluarkan ucapan kotor, memaki, atau berniat buruk lainnya. Selain itu, kalau ingin mandi tidak diperbolehkan telanjang bulat.

Fenomena alam ini baru ada dua di dunia. Selain di Tapanuli Utara ini, kolam serupa ditemukan pula di Venezuela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda