Scroll to Top

Hati-hati Makan Sushi, Bakteri Salmonella Mengancam

By C Novita / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

sushi

Sushi adalah makanan khas Jepang yang terkenal karena menghidangkan daging ikan mentah, tanpa dimasak atau dipanaskan terlebih dahulu.

Jenis ikan yang kerap digunakan untuk membuat sushi adalah ikan tuna. Sebab dagingnya diklaim lembut dan banyak mengandung manfaat bagi tubuh manusia.

Namun sejak lebih dari 100 orang di 20 negara bagian Amerika menderita sakit yang diperkirakan karena bakteri salmonella dari sushi yang mereka makan, sushi menjadi makanan yang harus diwaspadai.

Jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri salmonella adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan. Antara lain diare, kram perut, demam, dan muntah.

Pada beberapa pasien yang terinfeksi bakteri salmonella dan menderita diare hebat, yang dikhawatirkan adalah terjadinya dehidrasi hebat.

Memang dalam kasus wabah infeksi salmonella di beberapa negara bagian Amerika di atas, tidak terjadi kasus kematian.

Namun ada baiknya kita turut waspada dan memilih restoran sushi yang sehat dan bersih, jika ingin menikmati makanan tersebut tanpa terinfeksi bakteri salmonela.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda