Scroll to Top

Barcelona Era Josep Guardiola Belum Pernah Menang di Kandang Klub Liga Inggris

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

Barcelona boleh saja berencana masuk final ketiga dalam empat tahun era Josep Guardiola. Namun, untuk melaju ke partai puncak, El Barca mesti menguras energi maksimal. Tanah Inggris selalu menjadi momok Lionel Messi dkk. Mereka belum pernah meraih satu kemenangan pun di sana dalam laga bersistem home and away.

Lionel Messi 5

Pasukan Josep Guardiola tercatat baru melawan tiga dari The Big Five-nya Liga Inggris: Chelsea, Manchester United, dan Arsenal. Total, El Barca berhadapan 8 kali dengan wakil Inggris. Dari jumlah laga tersebut, Blaugrana tercatat mampu memenangi 4 pertandingan dan cuma sekali terjengkang. Namun, empat kemenangan tersebut tidak terjadi di salah satu kandang klub Inggris.

El Barca memang sekali menaklukkan stadion Inggris, yaitu ketika final Liga Champions musim lalu.Barcelona kala itu mampu mengajari Manchester United bermain bola dalam kemenangan telak 3-1. Namun, partai tersebut terjadi di Wembley; bukan Old Trafford. Selebihnya, menghadapi Chelsea di Stamford Bridge dan Arsenal di Emirates Stadium, El Barca seolah tak mengenal kemenangan.

Kedatangan pertama Barcelona era Pep Guardiola ke tanah Inggris terjadi dalam laga semifinal Liga Champions 2008/2009. Di Stamford Bridge, Blaugrana nyaris dipecundangi. Tertekan sepanjang laga, Barcelona tertinggal 1-0 lewat gol Michael Essien di menit 9. Setelah beberapa insiden oleh wasit Tom Ovrebo, gol penyelamat El Barca lahir di menit 93 lewat Andres Iniesta.

Barcelona memang masih bertemu lagi dengan wakil Inggris musim tersebut, Manchester United. Namun, partai ini terjadi di laga puncak di Stadion Olimpico Roma. Ketika itu Samuel Eto’o dan Lionel Messi menjadi penentu gelar Liga Champions ketiga El Barca sepanjang sejarah.

Musim berikutnya, Barcelona menghadapi Arsenal di perempat final Liga Champions. Ketika laga digelar di Emirates Stadium, pasukan Pep Guardiola cuma bisa menahan imbang tuan rumah 2-2 lewat dua gol Zlatan Ibrahimovic. Barulah di leg kedua, Barcelona mampu meraih kemenangan 4-1 lewat empat gol Lionel Messi.

Musim 2010/2011 lalu, El Barca dua kali bertemu klub Inggris. Satu dengan Arsenal di 16 besar, dan satu dengan Manchester United di final.
Lagi-lagi ketika bertandang ke markas klub Inggris, Pep Guardiola tak mampu menyulap pasukannya meraih kemenangan. El Barca terdepak 2-1 di Emirates Stadium. Gol diciptakan oleh David Villa. Barulah di laga kandang, dalam insiden kartu merah untuk Robin Van Persie, Barcelona menang 3-1 sehingga unggul agregat 4-3.

Kini, Barcelona akan kembali ke Stamford Bridge seperti tiga tahun lalu. Apakah mereka akan tetap terkena kutukan tak bisa meraup kemenangan di kandang klub Inggris? Ataukah kali ini Lionel Messi —pria yang belum pernah mencetak satu gol pun di kandang klub Inggris— akan membawa Barcelona meraih tiga angka penting?

Rekor Barcelona di Kandang Klub Liga Inggris

Chelsea vs Barcelona 1-1 (semifinal Liga Champions 2008/2009)
Arsenal vs Barcelona 2-2 (perempat final Liga Champions 2009/2010)
Arsenal vs Barcelona 2-1 (perdelapan final Liga Champions 2010/2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda