Scroll to Top

Kualifikasi GP Silverstone: Webber Hentikan Dominasi Vettel

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 09 Jul 2011

Mark-WebberMark Webber membuktikan dirinya tidak kalah cemerlang dibanding rekan satu timnya di Red Bull,  Sebastian Vettel. Ia berhasil menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi guna menempatkan dirinya di pole position dengan raihan waktu 1:30.399.

Webber seolah menjawab tantangan prinsipal tim Red Bull, Christian Horner, untuk menjaga konsistensi penampilannya. Ia juga memiliki kesempatan mengulang kejayaan tahun lalu di sirkuit kebanggaan masyarakat Inggris tersebut. Saat itu Webber sukses mempecundangi jagoan Inggris, Lewis Hamilton.

Sebastian Vettel yang sempat memuncaki latihan bebas ketiga harus puas berada di posisi kedua. Ia terpaut hanya 0.032 detik dari Webber. Vettel akan menerima ancaman dari kubu Ferrari yang menempatkan Fernando Alonso dan Felipe Massa di posisi ketiga dan keempat secara berurutan.

Ferrari tampaknya mulai serius mengancam dominasi Red Bull musim ini apabila melihat usaha yang mereka lakukan sejak GP Monako lalu. Massa sempat menguasai latihan bebas kedua GP Silverstone saat sirkuit dalam keadaan basah.

Jenson Button dari Mclaren melengkapi posisi 5 besar. Posisi tersebut merupakan yang terbaik bagi Mclaren karena pembalap lainnya, Lewis Hamilton, hanya bisa berada pada posisi kesepuluh.

Paul di Resta, Pastor Maldonado, dan Kamui Kobayashi sukses meraih hasil yang cukup memuaskan setelah ketiganya secara berurutan menempati posisi keenam, ketujuh dan kedelapan.

Daniel Riccardo, pembalap baru tim HRT Cosworth gagal menampilkan yang terbaik pada penampilan perdananya bersama HRT. Ia hanya berada di posisi buncit setelah kalah catatan waktu dengan rekan satu timnya Vintonio Liuzzi.

Jalannya kualifikasi sempat diwarnai hujan pada 20 menit sesi pertama. Namun tak lama kemudian hujan berhenti dan sirkuit pun mengering dengan cepat sehingga sesi kedua dapat dilaksanakan dengan lancar.

Hasil kualifikasi GP Silverstone menunjukan bahwa Red Bull tidak terlihat mendapat kesulitan atas diterapkannya aturan baru mengenai Blown Diffuser. Sementara itu usaha Mclaren keluar dari hasil buruk yang mereka dapat pada GP Valencia lalu rupanya belum menampakan hasil setelah Hamilton harus puas berada di posisi kesepuluh.

Hujan masih mengancam jalannya balapan esok hari. Apabila hujan benar-benar turun, maka jalannya balapan akan menjadi sulit untuk di prediksi.

Hasil Kualifikasi GP Silverstone 2011:

  1. Mark Webber Red Bull-Renault 1:30.399s
  2. Sebastian Vettel Red Bull-Renault
  3. Fernando Alonso Ferrari
  4. Felipe Massa Ferrari
  5. Jenson Button McLaren-Mercedes
  6. Paul di Resta Force India-Mercedes
  7. Pastor Maldonado Williams-Cosworth
  8. Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari
  9. Nico Rosberg Mercedes
  10. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
  11. Adrian Sutil Force India-Mercedes
  12. Sergio Perez Sauber-Ferrari
  13. Michael Schumacher Mercedes
  14. Vitaly Petrov Renault
  15. Rubens Barrichello Williams-Cosworth
  16. Nick Heidfeld Renault
  17. Heikki Kovalainen Lotus-Renault
  18. Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari
  19. Sebastien Buemi Toro Rosso-Ferrari
  20. Timo Glock Virgin-Cosworth
  21. Jarno Trulli Lotus-Renault
  22. Jerome D’Ambrosio Virgin-Cosworth
  23. Tonio Liuzzi HRT-Cosworth
  24. Daniel Ricciardo HRT-Cosworth


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda