Scroll to Top

Cara Menghilangkan Ketombe

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

ketombe

Rambut berketombe membuat malu. Apalagi saat mengenakan pakaian berwarna gelap, ketombe yang berjatuhan dari rambut membuat penampilan jadi kurang percaya diri. Ketombe harus diatasi sebelum “serbuk” ketombe bertambah banyak.

Sebenarnya, ketombe muncul akibat terjadinya pengelupasan sel kulit mati di kepala yang terjadi berlebihan. Ketika sel mati ini menumpuk di kulit kepala, maka akan jatuh di pundak sebagai lokasi paling dekat dengan rambut. Ini sebenarnya hal wajar. Hanya saja, produsen shampo biasanya terlalu membesarkan hal ini sebagai suatu masalah. Tapi, baru menjadi masalah kalau disertai iritasi dan kemerahan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe. Bahannya pun mudah didapatkan. Anda bisa memilih salah satu yang cocok bagi kulit kepala Anda.

  • Lidah buaya. Kupas kulit lidah buaya dan pakailah daging buahnya untuk dioleskan pada kulit kepala. Diamkan 10 menit, lalu keramas.
  • Jeruk lemon. Campur satu buah lemon dengan 15 mL minyak kelapa. Oles dan pijitkan ke kulit kepala dan diamkan sembari Anda tidur malam. Bersihkan keesokan harinya.
  • Baking soda. Saat berkeramas, campur shampo dengan sedikit baking soda. Diamkan dua menit lalu bilas. Lakukan dua kali seminggu.
  • Minyak zaitun. Campur dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan minyak almond. Oleskan sambil dipijit lalu diamkan 15 menit. Bilas hingga bersih setelah itu.
  • Cuka putih. Larutkan secangkir cuka dan air, lalu tuangkan ke kulit kepala. Lakukan saat Anda berkeramas dan pada bilasan terakhir. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih.
  • Garam. Taburkan garam ke kulit kepala lalu gosok. Bersihkan dengan air lalu berkeramaslah dengan shampo.
  • Santan kelapa. Satukan santan dari setengah butir kelapa bersama satu gelas jus nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Gunakan untuk mencuci rambut dan bersihkan dengan shampo jika sudah selesai. Lakukan tiap lima hari sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda