Scroll to Top

Twitter : Kami Tidak Akan Ikut Perang Paten

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

Twitter

Twitter hari ini mengambil langkah berani dengan membuat komitmen secara tertulis kepada karyawan yang berisi bahwa perusahaan tidak akan menggunakan hak paten yang berasal dari karyawan dan menggunakannya dalam tujuan tuntutan hukum ofensif tanpa seizin pemilik hak paten.

Langkah yang dilakukan Twitter ini termasuk “nyleneh” atau tidak biasa dilakukan di industri teknologi.

Twitter telah menyiapkan rancangan yang disebut IPA (Innovator’s Patent Agreement) yang mendorong para pengembang menciptakan penemuan tanpa dihantui rasa takut bahwa penemuan mereka digunakan untuk tujuan yang tidak terpuji.

Keputusan Twitter ini diambil setelah seorang mantan pengembang Yahoo mengeluh bahwa Yahoo dulu pernah berjanji menggunakan patennya hanya untuk pertahanan saja, namun sekarang Yahoo menggunakannya sebagai senjata untuk menuntut Facebook.

Twitter akan menepati janji sesuai dengan kesepakatan tertulis namun Twitter masih mempertahankan hak untuk menggunakan paten untuk tujuan defensif, misal untuk membalas tuntutan hukum yang diajukan oleh perusahaan lain.

“IPA adalah cara baru untuk melakukan membuat paten agar langsung dibawah kontrol para insinyur atau desainer. Ini adalah komitmen dari karyawan Twitter bahwa paten hanya digunakan untuk tujuan pertahanan saja,” kata VP Engineering Twitter.

Twitter mengumumkan ketika ajang Hack Week dimana karyawan bekerja membuat proyek-proyek diluar pekerjaan sehari-hari.

Seperti dikutip dari ArsTechnica, dengan diterapkannya IPA, maka jika Twitter akan menggunakan paten untuk tujuan lain, maka harus seizin penemu atau pemiliki paten.

Kesepakatan IPA ini juga berarti Twitter tidak akan menggunakan paten sebagai senjata untuk menyerang pihak lain tanpa seizin penemu atau pemilik paten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda