Scroll to Top

Aji Santoso Didenda FIFA Sebesar 60 Juta Rupiah

By Aditya / Published on Wednesday, 18 Apr 2012

Aji Santoso, Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, diganjar hukuman dari FIFA berupa denda sebesar hampir mencapai 60 juta rupiah. Sanksi yang dijatuhkan oleh badan sepakbola dunia itu merupakan akibat dari tudingan Aji Santoso usai laga Kualifikasi Pra Piala Dunia 2014 melawan Bahrain beberapa waktu silam.

Hasil mencolok 10-0 untuk kemenangan Bahrain atas Indonesia membuat sejumlah pihak kebakaran jenggot, termasuk PSSI yang mengkritik ketidakadilan wasit dan Aji Santoso selaku pelatih yang menangani timnas Indonesia saat itu. Bahkan, sang pelatih menuding bahwa ada permainan uang di balik kemenangan telak Bahrain atas Indonesia dalam laga yang digelar pada 29 Februari 2012 tersebut.

Meskipun pada akhirnya Aji Santoso meralat ucapannya dan mengakui bahwa laga itu bersih, namun FIFA terlanjur melakukan investigasi dan tidak menemukan adanya indikasi kecurangan di pertandingan tersebut. Alhasil, FIFA pun kemudian menjatuhkan sanksi denda kepada Aji Santoso sebagai bentuk hukuman atas tudingannya itu.

FIFA menyatakan Aji Santoso telah melanggar Pasal 48 Kode Disiplin FIFA tentang pernyataan menyerang perangkat pertandingan. Selain dikenai hukuman berupa denda, FIFA juga melarang Aji Santoso mendampingi Timnas Indonesia U-23 yang diasuhnya selama 4 pertandingan.

Aji Santoso sendiri menyatakan pasrah dan menerima dengan kebesaran jiwa atas hukuman yang dijatuhkan FIFA kepadanya. Ia berharap bisa mengambil hikmah dari peristiwa ini.

”Iya, kalau sudah menjadi keputusan FIFA, (diterima) dengan jiwa yang besar. Yang terpenting bagi saya bisa mengambil pelajaran dari kejadian di Bahrain itu,” tutur Aji Santoso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda