Scroll to Top

Preview Perempatfinal Piala Dunia Wanita 2011: Brazil-AS Final Prematur

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 10 Jul 2011

Tidak ada yang menyangka bahwa Brazil dan Amerika Serikat akan bertemu dalam perempat final Piala Dunia 2011. Pertandingan yang akan digelar di Stadion Rudolf-Harbig, Dresden, ini sebenarnya layak disebut sebagai final prematur.

Kekalahan mengejutkan Amerika Serikat atas Swedia dalam pertandingan terakhir membuat The Yankees berada dalam kondisi tidak menguntungkan. Sejauh ini Brazil tampil menawan dengan mengoleksi 3 kemenangan dari 3 pertandingan.

Brazil dipastikan akan kembali mengandalkan trisula Marta-Rosana-Cristiane. Entah formasi apa yang dipakai, 3-4-3 atau 3-4-2-1, trio ini terbukti sangat ampuh. Enam dari tujuh gol Brazil lahir dari mereka. Uniknya, Marta, Rosana, dan Cristiane sama-sama mencetak 2 gol.

Masalah pertahanan, Brazil juga dibilang kokoh. Format tiga bek yang menjadi benteng kiper Andreia sejauh ini belum berhasil ditembus tim mana pun. Selain itu, kapten sekaligus bek kanan tim, Aline Pellegrino bisa dipindah ke kiri jika diperlukan. Demikian pula kompatriot Aline, Erika. Rotasi posisi ini terbukti ampuh saat Brazil menggulung Guinea Khatulistiwa 3-0 di pertandingan terakhir.

Sementara itu, Amerika Serikat setia dengan formasi standard, 4 -4-2. Di depan, Abby Wambach dan Amy Rodriguez, mesti membuktikan ketajaman mereka. Sepanjang babak penyisihan, keduanya belum memberikan kontribusi maksimal. Malah, para gelandang AS yang lebih “menakutkan”. Carli Lloyd-Shannon Boxx-Lauren Cheney-dan Heather O’Reilly bisa menjadi alternatif ketika duo AS di depan tumpul.

Duel kedua tim bisa dipastikan berjalan ketat. Namun, rasanya kita boleh berkata, kali ini Brazil lebih diunggulkan daripada juara Piala Dunia dua kali, Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda