Scroll to Top

Preview Perempatfinal Piala Dunia Wanita 2011: Swedia Siap Melaju

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 10 Jul 2011

swedia world cup 2011Swedia, runner-up Piala Dunia 2003, siap mengukir prestasi yang setidaknya sama ketika “cuma” menghadapi Australia dalam perempat final Piala Dunia 2011. Kemenangan mereka atas Amerika Serikat di pertandingan terakhir, bisa menjadi pemompa semangat tim.

Swedia kemungkinan akan turun dengan formasi 4-4-2. Di depan, mereka akan mengandalkan Lotta Schelin. Mungkin saja ia kembali berduet dengan Josefine Öqvist seperti kala menumpas AS. Mungkin pula ia dipasangkan dengan Jessica Landström seperti dua pertandingan sebelumnya.

Sementara itu, yang utama, Swedia bergantung pada gelandang Lisa Dahlkvist dan kapten Caroline Seger. Mungkin pula sang supersub Nilla Fischer dimainkan sejak awal pertandingan.

Urusan lini belakang, Swedia boleh berbangga. Mereka adalah salah satu tim yang paling sulit terbobol. Swedia hanya kalah dari Brazil yang gawangnya yang masih perawan.

Lawan mereka, Australia, belum dipastikan hendak memakai formasi apa. Dalam tiga pertandingan di penyisihan grup, Australia memainkan 3 formasi berganti-ganti. Awalnya 4-4-2 saat melawan tim tangguh Brazil.

Kala bertemu dengan tim ringan seperti Guinea Khatulistiwa, formasi diubah lebih agresif menjadi 4-3-3. Terakhir, melawan tim yang kekuatannya berimbang, Norwegia, Swedia memainkan pola 4-2-3-1.

Menghadapi Swedia yang setipe dengan Norwegia, bisa jadi Australia memasang Kyah Simon sendirian di depan dan menumpuk 5 gelandang sekaligus untuk memenangi lapangan tengah. Namun, bisa jadi Lisa De Vanna didorong menjadi striker sewaktu-waktu.

Dari segi sejarah, Swedia jelas lebih unggul daripada Australia. Namun, apakah sejarah cukup untuk menyelamatkan mereka dari perempatfinal kali ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda