Scroll to Top

Kenali Masa Pakai Kosmetik Anda

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 19 Apr 2012

berdandan

Wanita yang gemar berdandan biasanya punya alat kosmetik yang cukup beragam. Seluruh wajah pun dicoret dengan berbagai kosmetik, seperti lipstik, pemerah pipi, hingga maskara. Mereka tampil lebih percaya diri dengan dandanan agak menor.

Namun, memakai kosmetik sebaiknya juga memperhatikan masa kadaluarsa produk. Seperti halnya makanan, kosmetik yang sudah lewat jatuh temponya juga berbahaya bagi kesehatan, terutama kulit. Misalnya kulit mengalami iritasi, melepuh, dan sebagainya. Kosmetik tersebut juga dimungkinkan terjangkit bakteri patogen.

Bentuk kosmetik yang kadaluarsa biasanya sudah rusak. Misalnya lipstik gampang patah atau bahan mengeras. Jika kosmetik Anda menunjukkan tanda yang tidak wajar, sebaiknya segera buang dan beli yang baru.

Sebagai panduan buat Anda, beberapa jenis kosmetik punya masa pakai tertentu setelah dibuka kemasannya.

  • Maskara. Umur pakai maskara biasanya 3-6 bulan setelah digunakan. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan bakteri mulai menempel dan membuat bahan maskara mengering dan rusak.
  • Foundation. Untuk yang berbasis cair, biasanya akan mengental setelah satu tahun.
  • Lipstik dan lip glos. Masa pakai kosmetik ini paling lama dua tahun. Kalau lebih dari masa itu sebaiknya segera ganti yang baru seblum bakteri berkontaminasi di bibir Anda.
  • Kuas make-up. Kalau yang ini cukup dibersihkan seminggu sekali. Dengan begitu, kotoran yang menempel tidak menjadi sarang kuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda