Scroll to Top

Minumlah Air Agar Nilai Ujian Baik

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 19 Apr 2012

ujian

Minum air saat ujian bisa menjadi jalan untuk menajamkan pikiran pelajar dalam mengerjakan soal. Ujungnya, mereka mampu menyelesaikan ujiannya dengan hasil memuaskan. Demikian menurut hasil studi dari Universitas East London di Inggris.

Peneliti menduga, minum air bisa memberikan efek lebih tenang kepada pelajar. Rasa tenang itu membuat konsentrasi mereka bekerja lebih baik. Inilah yang kemudian berpengaruh pada pikologis mereka.

Selama ini, air juga dikenal mampu menurunkan kegelisahan. Dan, posisi pelajar yang sedang menghadapai ujian biasanya dalam tekanan, cemas, dan gelisah jika mendapat kegagalan. Minum air bisa menjadi jalan untuk meraih prestasi akademik dengan memperbaiki kualitas mental.

Peneliti melakukan pengamatan terhadap 447 mahasiswa. Ada 25 persen dari mereka yang membawa air minum saat ujian. Peneliti kemudian membandingkan nilai dari mahasiswa yang menyempatkan minum dan yang tidak minum air. Hasilnya, mahasiswa yang minum saat ujian mempunyai nilai rata-rata 10 persen lebih tinggi dari yang tidak minum.

“Masih diperlukan penelitian lanjutan. Namun, terlepas dari hal tersebut, jelas bahwa mahasiswa jangan sampai kekurangan air ketika mengerjakan ujian,” kata Dr Chris Pawson, dari Universitas East London, seperti dikutip BBC.

Sekali pun sudah belajar semalaman, jangan biarkan tubuh kekurangan cairan saat ujian. Karena, dehidrasi pun membuat kerja otak kurang stabil. Jadi, raih nilai tinggi dengan membawa air di hari ujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda