Scroll to Top

Hindari Minum Teh Jika Sedang Menyusui

By C Novita / Published on Thursday, 19 Apr 2012

hindari teh

Bagi para ibu yang sedang menyusui bayinya dengan ASI, terutama ASI eksklusif maka ada baiknya untuk sementara waktu menghindari minum teh.

Kandungan kafein dalam teh yang cukup tinggi dikhawatirkan akan berpengaruh pada kondisi emosi bayi yang sedang disusui. Sebab semua makanan dan juga minuman yang dikonsumsi ibu, pasti akan masuk dalam kandungan air susunya.

Sebenarnya tidak hanya teh saja yang harus dihindari untuk sementara waktu sebab kandungan kafeinnya, melainkan juga kopi, serta coklat yang memiliki kandungan kafein.

Kandungan kafein yang masuk dalam saluran pencernaan bayi, akan menyebabkan akumulasi kafein yang berpengaruh menjadi gejala susah tidur, serta mudah marah pada bayi, demikian alasan yang dikemukakan ahli paediatrik seperti dikutip dari Times of India.

“Hal ini karena bayi tidak dapat memetabolismekan atau mengeluarkan kafein dengan baik,” Dr Ruth Lawrence dari Departemen Pediatrics, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi, University of Rochester, New York, Amerika Serikat, berkata.

Jika orang dewasa saja bisa sulit tidur jika usai mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, maka bayi pun demikian pula. Padahal kebutuhan tidur bayi jelas lebih banyak dari pada orang dewasa.

Jadi, jika bayi Anda uring-uringan dan tak bisa tidur, maka mungkin Anda baru mengkonsumsi minuman berkafein.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda