Scroll to Top

Europa League: Sporting Lisbon vs Athletic Bilbao 2-1

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 20 Apr 2012

Athletic Bilbao belum mampu melepas ketakutan mereka dari hantu bernama Sporting Lisbon. 27 tahun lalu, pasukan San Mames digulung 3-0. Dini hari ini, meski sudah unggul 0-1 hingga 15 menit terakhir, Bilbao tetap tak bisa membawa pulang satu angka saja. Dua gol Sporting dalam tempo lima menit, mengaramkan Fernando Llorente dkk.

Sporting Lisbon vs Athletic Bilbao 2-1

Seperti biasa, Bilbao menurunkan skuad yang itu-itu saja. Perkecualian pada Borja Ekiza yang mendapatkan jatah keempatbelasnya sebagai starter. Sementara itu, Sporting memainkan bek spesialis Europa League, Emiliano Insua yang kelak akan menjadi penyelamat pasukan Singa.

Babak pertama, kedua tim mencoba memecah kebuntuan. Namun, tidak ada usaha yang terlalu merepotkan, baik untuk Gorka Iraizoz ataupun Rui Patricio. Keadaan mencair pada menit 54. Bukan oleh tuan rumah, tapi oleh tim tamu.

Bukan Fernando Llorente, bukan Iker Muniain. Tapi bek muda Jon Aurtenetxe. Berawal dari tendangan bebas Markel Susaeta, Emiliano Insua tidak bersih menyapu bola. Alih-alih membuang ke depan, sapuan Insua justru bergulir ke belakang. Aurtenetxe tinggal meneruskan bola ke gawang Rui Patricio.

Unggul 0-1 hingga 17 menit sebelum bubaran, Marcelo Bielsa mengirim Ander Herrera ke bangku cadangan. Sebagai gantinya, masuk Mikel San Jose.

Namun, pergantian ini justru menjadi dilema. Pertahanan Bilbao justru dibobol oleh Emiliano Insua. Caranya pun cukup menyakitkan bagi pasukan San Mames. Sapuan bek Athletic atas umpan Diego Capel tidak bersih. Bola melayang dan Insua menanduknya dengan kencang ke sudut gawang Gorka Iraizoz.

Bisa menyamakan kedudukan membuat Sporting tampil lebih bertenaga. Hasilnya, selang lima menit, mereka berhasil membalikkan keadaan. Umpan Marat Izmailov diselesaikan oleh Diego Capel dengan tendangan kaki kiri.

Upaya Marcelo Bielsa melepaskan Ibai Gomez dan Gaizka Toquero untuk menajamkan lini depan Bilbao tak berbuah. Sporting tetap unggul 2-1 dan pasukan San Mames harus menunggu tujuh hari untuk menanti final kedua mereka musim ini.

Sporting Athletic
16(5) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 7(3)
9 Pelanggaran 16
4 Tendangan Sudut 4
1 Offside 2
57% Ball Possession 43%
2 Kartu Kuning 3
0 Kartu Merah 0
2 Penyelamatan 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda