Scroll to Top

Kesehatan Ditentukan Pula Oleh Cara Berpikir Anda

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Apr 2012

berpikir positif

Persepsikan diri Anda dengan sesuatu yang bernada positif. Menganggap diri lebih baik akan memengaruhi kehipan dalam segala hal. Pertama kali yang akan tersugesti adalah pikiran. Memberikan sugesti posistif pada pikiran menjadi bekal untuk melakukan berbagai aktivitas lain yang bersifat positif.

Misalnya, kalau Anda saat ini pasrah dan menyerah telah ditakdirkan dengan badan gemuk, maka itu akan benar-benar terjadi secara kontinyu. Pikiran Anda bakal menerjemahkan pada gaya hidup tidak sehat dengan mengonsumsi segala makanan. Anda tidak akan pandang bulu apakah makanan itu sehat atau tidak.

Sebaliknya, di saat Anda gemuk dan berpikir bahwa tubuh Anda bisa langsing atau minimal sehat, maka Anda akan tersugesti untuk melakukan berbagai hal yang menunjang perbaikan fisik atas tubuh. Akan lebih mudah bagi Anda mengontrol makan dan berolahraga kala aktivitas ini “direstui” oleh pikiran. Walhasil, kegemukan itu bukan menjadi penghalang untuk tetap sehat, dan bahkan, susutlah berat badan.

Kekuatan cara berpikir ini sebaiknya diperhatikan. Pencitraan positif dan negatif memperngaruhi segala aspek motorik Anda.  Pencitraan tubuh secara negatif akan membuat rendah diri yang disertai depresi atau tidak percaya diri. Sementara itu, ada pula yang bahkan mengalami gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

“Ketika seseorang memiliki citra tubuh yang buruk, mengakibatkan harga diri rendah. Hal itu berdampak lebih dari yang mereka sadari Mereka mungkin tidak pernah mendapatkan kepercayaan untuk melakukan hal yang mereka cintai,” kata Devaunshi, seorang psikolog yang dikutip Times of India.

Oleh karena itu, pencitraan postif harus Anda lakuka sesering mungkin. Beberapa tipsnya sebagai berikut:

  • Hentikan untuk mengritik tubuh Anda dan perlakukan dengan benar.
  • Berlatihlah afirmasi positif tentang makan yang benar, berolahraga, dan berpikir sehat, yang akan berdampak bagi kebaikan tubuh.
  • Jangan terlalu terbawa arus kehidupan yang kurang sehat meski itu menarik buat Anda.
  • Kenakan pakaian yang membuat Anda merasa lebih baik
  • Sesekali majakan tubuh Anda. Misalnya dengan spa, menekuni hobi, dan sebagainya.

http://sidomi.com/87119/kesehatan-ditentukan-pula-oleh-cara-berpikir-anda/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda