Scroll to Top

Ponsel dengan Scanner Infra Merah Tembus Pandang

By Ibnu Azis / Published on Friday, 20 Apr 2012
Sebuah chip CMOS
Sebuah chip CMOS

Dengan sebuah ponsel, penggunanya mampu melihat objek secara tembus pandang.

Teknologi scanner infra merah yang digunakan, memungkinkan untuk itu.

Teknologi tembus pandang mungkin hanya ditemui di aksi film maupun komik.

Namun dengan ponsel yang bekerja sebagai ‘X-Ray spex’ teknologi tersebut hadir secara nyata.

Dengan memanfaatkan sebuah chip berteknologi tinggi, sebuah ponsel bisa diubah menjadi alat scanner yang mampu melihat menembus dinding, kayu, pakaian, dan plastik.

Dan untuk teknologi kesehatan, para dokter bisa memanfaatkannya tatkala melihat ‘dalaman’ tubuh manusia. Seperti untuk mendiagnosis penyakit kanker atau tumor.

Para peneliti menklaim alat ini mampu untuk mendeteksi sebuah benda yang terhalang sebuah objek. Pun juga mampu melihat orisinalitas uang atau mencegah uang palsu beredar.

Saat ini kemampuannya hanya bekerja pada rentang atau jarak pendek. Dan berwujud dalam sebuah microchip yang dapat dibenamkan pada ponsel atau perangkat elektronik genggam lainnya.

“Kami melakukan sebuah pendekatan untuk sebuah teknologi dari spektrum elektromagnetik yang dapat digunakan untuk keperluan medis,” ujar Dr. Kenneth, profesor teknik elektro dari UT Dallas.

Chip itu sendiri diproduksi menggunakan teknologi Complementary Metal-Oxide Semiconductor (CMOS), yang sering digunakan dalam alat-alat sehari-hari. Seperti komputer, TV, dan ponsel.

Karena persoalan privasi Dr. Kenneth dan timnya fokus pada penggunaan jarak pendek atau memindai hanya pada jarak yang dekat.

“Ada banyak yang dapat dilakukan dengan alat ini namun kami belum jauh memikirkannya untuk itu,” pungkas Dr. Kenneth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda