Scroll to Top

Evacuated Tube Transport: Kereta Api Masa Depan

By Ibnu Azis / Published on Friday, 20 Apr 2012

Evacuated Tube Transport_1

Evacuated Tube Transport adalah moda transportasi di masa depan. Dengan ‘tabung’ ini, jarak London ke New York bisa ditempun hanya dalam tiga perempat jam.

Memang kendaraan sejenis ‘kereta’ masih menjadi blueprint. Namun bilamana terwujud, ide revolusioner tersebut sangat luar biasa.

Coba banyangkan, Anda dapat keliling dunia hanya dalam tempo enam jam saja. Evacuated Tube Transport nantinya akan menjadi moda transportasi lintas benua.

Sekilas Evacuated Tube Transport mirip dengan sebuah ‘kereta’. Namun ‘kereta’ ini tidak berjalan di atas rel, melainkan lewat semacam tabung sebagai ‘jalan’ khusus.

Nantinya ‘tabung’ ini akan berisi dengan enam gerbong seberat 183 kg. Evacuated Tube Transport  mampu melintas dengan kecepatan 6.500 kilometer per jam.

Pengembang Evacuated Tube Transport  mengatakan jika ‘tabungnya’ bahkan akan lebih murah, lebih aman, dan lebih tenang dari kereta api atau pesawat terbang.

Evacuated Tube Transport_2

Dengan Evacuated Tube Transport, jarak antara New York ke Los Angeles hanya 45 menit, dan New York ke China hanya dua jam, dan keliling dunia hanya enam jam!

Pengembang Evacuated Tube Transport menklaim jika sistem yang mereka terapkan bahkan mampu 50 kali lebih cepat dari mobil listrik atau kereta api super cepat.

Rel Evacuated Tube Transport  itu sendiri bernama personal rapid transit. Pembangunan jalur tersebut menurut pengembang hanya sepersepuluh biaya pembangunan rek kereta api.

Namun hingga sekarang belum ada pihak yang berminat untuk mengembangkannya. Meski Evacuated Tube Transport  telah diciptakan sejak tahun 1990 dan dipatenkan tahun 1997.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda