Scroll to Top

Yuk, Berkunjung ke Tempat Wisata Sastra

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Apr 2012
dublin-writers-museum
Dublin Writers Museum

Orang yang bisa menikmati kata-kata indah biasanya akan akan menyukai sastra. Bentuk sastra yang beraneka ragam sudah ada sejak zaman arab kuno hingga sekarang. Kebiasaan bersastra bahkan mendarah daging di jazirah arab dan beberapa negara Eropa. Pantas saja jika kemudian ada wisata sastra yang digagas negara tersebut.

Kalau Anda pecinta seni ini, ada beberapa negara yang bisa dikunjungi.

  • Irlandia. Anda bisa mengikuti tur Literary Pub Crawl. Pusat wisata ada di Kota dublin. Anda akan diajak mengunjungi Dublin Writers Museum, Abbey Theater, atau  Trinity College. Di Dublin Writers Museum, misalnya,Anda akan disuguhi berbagai peninggalan dunia sastra.
  • Skotlandia. Kunjungi saja Kota Edinburg. Di sana terdapat Museum Penulis yang mengabadikan berbagai karya sastra penulis dan penyair terkenal. Misalnya buku-buku karya Robert Burns, Alexander McCallSmith dan Ian Ranking yang sohor di abad 18.
  • Inggris. William Shakespeare dan Dickens adalah beberapa nama pujangga yang terkenal dari Inggris. Tepat di Kota London, Anda bisa berkunjung ke British Library yang menyimpan karya sejarah dunia sastra. Atau, kunjungi saja berbagai lokasi yang sering ditampilkan pada berbagai karya fiksi di novel Sherlock Holmes dan James Bond.
  • Perancis. Di pusat Kota Paris, Anda akan mendapati Les Deux Magots. Ini sebuah kafe yang menjadi tongkrongan favorit Wilde, seorang penulis terkenal di sana. Atau, kunjungi saja Victor Hugo yang berisi koleksi bertema penulis.
  • Amerika Serikat. Di Washington DC, ada perpustakaan yang dibuat tahun 1800. Namanya Perpustakaan Kongres yang konon terbesar di dunia. Selain bisa membaca buku sastra dan lainnya, Anda bisa ikut mengikuti diskusi dalam acara yang sering digelar untuk penulis.
  • Swedia. Silakan kunjungi Stockholm City Museum. Anda akan diajak berkunjung ke tempat terkenal seperti yang tertuang dalam novel karangan Stieg Larsson: “The Girl with the Dragon Tatoo”. Atau, Anda bisa mengunjungi Tegnerlunden Park yang mengabadikan Astrid Lindgen dalam sebuah patung. Dia adalah pencipta tokoh Pippi Longstocking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda