Scroll to Top

Nyeker Itu Sehat Lho!

By Ilham Choirul / Published on Friday, 20 Apr 2012

tanpa alas kaki

Jangan anggap berjalan tanpa alas kaki adalah perbuatan orang katrok (kampungan). Justru kalau Anda mau sering berjalan tanpa alas kaki di berbagai medan pijakan, malah memberikan keuntungan buat kesehatan Anda.

Sebuah studi menemukan kebaikan pada fisik orang yang sering berjalan tanpa alas kaki. Pasalnya, pada berbagai pijakan, akan merangsang berbagai titik refleksi yang berfungsi ibarat pijat kesehatan. Telapak kaki memiliki banyak saraf refleks yang terhubung ke berbagai organ dalam manusia. Dan, berjalan tanpa alas kaki adalah sebuah keuntungan.

Selain itu, ion negatif dari bumi membantu proses pengeluaran racun tubuh. Otot dan tendon Anda akan kuat. Kekuatan ligamen, pergelangan kaki, dan betis turut menguat. Berjalan dengan cara ini mendorong otot dalam menjaga postur tubuh.

Satu lagi, segala hal yang membuat pikiran Anda resah bisa berkurang karena berjalan tanpa alas kaki. Pasalnya, tubuh merangsang pembentukan hormon endorfin lebih banyak. Hormon ini dikenal mampu meningkatkan rasa bahagia. Sebuah studi mengatakan, sekitar 62 persen rasa depresi akan berkurang setelah berjalan tanpa alas kaki di rumput.Selain itu, olahraga ringan ini berperan sebagai anti-inflamasi dan menyelaraskan irama fisiologis.

Mari luangkan sedikit waktu untuk berjalan tanpa alas kaki. Orang Jawa menyebutnya: Nyeker!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda