Scroll to Top

Barcelona vs Real Madrid: Victor Valdes Lebih Baik daripada Iker Casillas

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 21 Apr 2012

Barcelona vs Real Madrid tidak hanya duel sengit antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Tetapi juga, antara Victor Valdes dan Iker Casillas. Santo Iker boleh saja menjadi pilihan utama di timnas Spanyol. Namun, Valdes adalah pemegang Ricardo Zamora Trophy dalam tiga musim berturut-turut.

Victor Valdes Iker Casillas

Musim ini, keduanya kembali membuktikan diri. Dalam lima El Clasicoyang sudah digelar sepanjang musim 2011/2012, Iker Casillas sudah terbobol 12 gol. Sebuah catatan yang membuat kapten Real Madrid memiliki rerata terbobol 2,4 gol oleh pasukan Josep Guardiola.

Sementara, Valdes absen dalam dua El Clasico terakhir di Copa del Rey. Sejauh ini rekornya terbobol 5 kali dalam 3 pertandingan berdarah. Rerata Valdes cuma 1,67 gol per laga Barcelona vs Real Madrid.

Dilihat dari jumlah kebobolan di kompetisi domestik, Valdes kembali lebih baik daripada Santo Iker. Kiper Barcelona baru terbobol 24 kali dari 33 pertandingan. Artinya, penjaga gawang berusia 30 tahun terkoyak gawangnya setiap 124 menit.

Sementara itu, Casillas memiliki rekor kemasukan 29 kali. Membuatnya tercatat kebobolan setiap 102 menit.

Dari segi clean sheet, Valdes lebih unggul pula. Kiper Barcelona ini tak terjebol gawangnya dalam 17 pertandingan, sementara Casillas hanya 12.

Urusan penalti, Valdes sudah berhadapan dengan 4 penalti. Salah satu di antaranya berhasil ditepis saat Barcelona melawat ke Zaragoza (menang 1-4). Sementara, Santo Iker cuma berhadapan dengan sekali penalti. Hal ini terjadi pekan lalu ketika Miguel de Las Cuevas menaklukkan Casillas di menit 30.

Statistik sementara, mungkin mengunggulkan Valdes. Namun, hal ini tidak berarti apa-apa di El Clasico Minggu dini hari. Yang jelas, Valdes harus berada dalam kondisi prima untuk mementahkan semua tembakan para penyerang Real Madrid jika ingin Barcelona mengejar defisit angka menjadi satu poin.

Sementara, kepemimpinan Iker Casillas diharapkan mampu meredam kolektivitas Barcelona sehingga paling tidak; Los Blancos tetap menjaga jarak empat angka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda