Scroll to Top

Sakit Pinggang? Jangan Anggap Enteng

By C Novita / Published on Saturday, 21 Apr 2012

sakit pinggang

Anda pernah mengalami sakit pinggang? Jika iya, maka sebaiknya Anda mulai mempelajari sebab dan cara mengatasinya sedini mungkin, agar tidak berkembang menjadi lebih parah.

Sakit pinggang atau low back pain, biasanya terjadi karena kompresi syaraf, mekanikal atau degeneratif yang berhubungan dengan otot. Dalam bahasa awam dikenal dengan encok.

Bisa juga sakit pinggang terjadi karena peradangan, infeksi, sakit pada tulang seperti osteoporosis, ginekologik (alat reproduksi), dan neurologik (sistem syaraf).

Biasanya, sakit pinggang dirasakan saat hendak bangun dari posisi tidur. Penanganan sederhananya bisa dengan relaksasi otot,  istirahat singkat dan mengurangi aktifitas.

Dokter umumnya memberikan penanganan low back pain dengan muscle relaxant. Tindakan ini adalah tindakan paling banyak yang dilakukan, bahkan hingga 91%. Bahasa awamnya adalah, melakukan pemijatan dengan teknis khusus untuk membuat otot rileks.

Namun untuk sakit pinggang yang sudah kronis, maka tindakan yang diambil meliputi NSAID (Non-Steroidal Anti Inflammatory Drug), juga relaksasi otot. Pasien biasanya juga diberi beberapa obat seperti analgetik, antidepresan, anti konvulsan, dan agonis alpha-2 adrenergik.

Sakit pinggang yang dialami seseorang bisa mengganggu semua aktifitas keseharian, hingga sewajarnyalah tidak dianggap enteng.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda