Scroll to Top

Lupus, Apakah Merupakan Penyakit Keturunan?

By C Novita / Published on Saturday, 21 Apr 2012

Lupus

Lupus adalah sebuah penyakit kelainan sistem imunitas tubuh manusia, dimana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Antibodi yang ada dalam tubuh muncul berlebihan dan justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat.

Hal yang menjadi penyebab penyakit Lupus diperkirakan adalah adanya kepekaan sistem imun, serta faktor yang menjadi pencetus terjadinya kepekaan, misalnya infeksi, pemakaian pil KB, sinar matahari, dll.

Kebanyakan Lupus diderita oleh wanita dengan usia produktif, walau pria pun ada yang menderita penyakit yang setara dengan kanker dalam hal resiko kematian ini.

Pada beberapa kasus, ada anak-anak yang menderita Lupus seperti orang tuanya. Namun faktor genetik yang berperan dalam penurunan sifat ini hanya 5-6% saja.

“Faktor genetik memang berperan, namun dari semua kasus Lupus hanya 5-6 persen yang diturunkan. Angka ini sangat kecil,” kata Prof Zubairi, seorang dokter pemerhati penyakit Lupus, seperti dilansir oleh detik.

Dalam menangani Lupus, deteksi dini adalah hal yang harus dilakukan. Dengan sedini mungkin mengetahui kelainan yang dialami, maka penanganan yang terbaik bisa dilakukan.

Memang belum ada obat yang bisa menyembuhkan Lupus. Namun setidaknya perkembangan penyakit ini bisa lebih dikontrol.

Gejala paling umum muncul yang merupakan tanda Lupus yang harus diwaspadai, adalah timbulnya bercak merah di kedua pipi, serta kulit yang mudah gosong saat terkena sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda