Scroll to Top

Mobil Ber-cc Besar Tak Dapat Jatah BBM Subsidi Lagi

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 21 Apr 2012

isi BBM

Buntut dibatalkannya kenaikan BBM beberapa waktu lalu, akhirnya pemerintah memberlakukan pembatasan pemakaian BBM bersubsidi. Buat pemilik mobil dengan ukuran mesin 1.500 cc ke atas, wajib menggunakan BBM non-subsidi. Keputusan ini berdasar Peraturan Pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM, Perindustrian, dan Perhubungan.

Pembatasan mulai diberlakukan 1 Mei 2012. Beberapa pihak mengatakan mungkin akan ada hambatan dalam pelaksanaannya. Seperti dikemukakan Sudirman Maman, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor, permasalahan terletak pada sosialisasi dari pemerintah dan pengawasan pelaksanaan di tingkat SPBU.

“Jika kebijakan pembatasan BBM akan dimulai pada awal bulan depan, sosialisasinya harus dimulai dari sekarang,” kata Sudirman seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan sudah sewajarnya mobil berkapasitas mesin 1.500 cc ke atas memakai BBM dengan kualitas lebih baik. Pasalnya, mesin mobil sekarang banyak yang didesain untuk mengonsumsi BBM dengan nilai oktan tinggi.

“Mobil yang diproduksi sejak 2008, mesinnya sudah mengonsumsi bahan bakar minyak (premium) dengan RON 92,” ujar Hidayat.

Selain itu, kendala lain adalah kesadaran dari pemilik mobil sendiri untuk membeli BBM non-subsidi. Atas nama harga BBM non-subsidi mahal dan sikap opportunis bisa membuat program ini gagal di tingkat end-user.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda