Statistik menunjukkan lebih dari 60% ball possessions dikuasai Barcelona. Demikian pula jumlah tembakan yang 14 berbanding 13 untuk tuan rumah. Namun, papan skor di Camp Nou tidak akan berubah hanya karena statistik. Real Madrid datang untuk memainkan pola paling dikenal dalam sepakbola modern.

Barcelona vs Real Madrid 1-2

Biasanya peluang emas tim yang menguasai jalannya pertandingan, kalah mematikan daripada satu atau dua peluang maut klub yang lebih banyak bertahan. Tugas pasukan Jose Mourinho hanyalah satu: menjadikan peluang maut tersebut menjadi gol. Hal itulah yang terjadi dini hari ini.

Neraka bagi Barcelona dimulai pada menit 16. Tendangan sudut Angel Di Maria disambut tandukan Pepe. Bola bisa dihentikan Victor Valdes.

Namun, refleks Valdes tak sempurna. Ketika Carles Puyol datang untuk membantu sang rekan yang kehilangan daya, saat itu pula datang Sami Khedira menyerobot bola dari kakinya dan mencetak gol pertama El Clasico Jilid VI musim ini. Bukan gol yang cantik, tapi cukup untuk memukul Barcelona: mereka terbobol dalam sebuah ‘insiden’ yang melibatkan duo dewa lini pertahanan.

Seperti biasa, Barcelona akan selalu tampil lebih menyerang daripada siapa pun. Namun, merespons satu gol dengan delapan hingga sembilan pemain lawan bertebaran 20 hingga 30 meter dari gawang Iker Casillas, adalah pekerjaan berat. Cristian Tello dan Xavi Hernandez gagal memaksimalkan peluang di babak pertama.

El Clasico 7

Barcelona akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit 69. Alexis Sanchez yang turun dari bangku cadangan, menjadi pencetaknya. Lagi-lagi bukan melalui cara yang menyenangkan.

Tembakan Cristian Tello berhasil diblok oleh Iker Casillas. Bola sempat membentur kaki Alvaro Arbeloa sebelum ditembak oleh Alexis Sanchez. Iker Casillas menepis untuk kedua kalinya, dan barulah para percobaan keempat gol tercipta ke gawang Real Madrid.

Ketika Camp Nou seolah siap mengubur Real Madrid, yang terjadi sebaliknya. Melalui sebuah serangan balik cepat, Mesut Ozil melihat celah besar. Diberikannya umpan terobosan untuk CR7 yang melewati Javier Mascherano. Cristiano Ronaldo cuma membutuhkan dua sentuhan untuk menaklukkan Victor Valdes. 1-2 di menit 72.

Upaya Josep Guardiola menyelamatkan keadaan dengan melepas Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas, tak menemukan jalan. Real Madrid sukses mengamankan 3 poin vital di kandang musuh bebuyutan yang selama ini begitu angker.

Bagi Real Madrid, tak ada yang lebih indah daripada kemenangan 1-2 ini. Mereka membuat jarak 7 poin dari Barcelona dan gelar juara Liga Spanyol tinggal sedikit lagi digapai pasukan Jose Mourinho.

Barcelona Real Madrid
14(3) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 13(5)
11 Pelanggaran 20
4 Tendangan Sudut 7
5 Offside 2
66% Ball Possession 34%
2 Kartu Kuning 4
0 Kartu Merah 0
4 Penyelamatan 2