Scroll to Top

Hasil Akhir GP Silverstone: Ferrari Tampil Mengagumkan, Alonso Juara

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 10 Jul 2011

Ferrari-Fernando-AlonsoFernando Alonso keluar sebagai raja di sirkuit kebanggaan masyarakat Inggris, Silverstone. Ia mengalahkan duo Red Bull yang kali ini harus merelakan posisinya diambil pembalap Ferrari tersebut.

Sebastian Vettel yang melakukan start dengan sangat baik di awal balap gagal melanjutkan dominasinya dan timnya Red Bull pada balapan kali ini. Pit stop yang sangat lambat pada putaran ke-28 membuat ia kehilangan cukup banyak waktu.

Ia pun harus puas finis di posisi kedua dibelakang Alonso. Mark Webber yang mendapatkan perintah team-order di putaran akhir melengkapi posisi tiga besar.

Alonso sukses mencetak raihan lap tercepat dengan 1:34.908 yang mengantarnya kepada kemenangan di GP Silverstone kali ini.

Rekan satu timnya, Felipe Massa, tampil tak kalah agresif. Massa yang sempat turun ke posisi enam pada putaran awal mampu memberikan tekanan kepada pembalap Mclaren Lewis Hamilton untuk memperebutkan posisi keempat hingga tikungan terakhir pada putaran terakhir.

Massa yang sempat mengalami kontak dengan Hamilton akhirnya finis di posisi kelima. Meskipun ia harus melepaskan ambisinya untuk melewati Hamilton, penampilan Massa kali ini cukup menjanjikan untuk bisa bersaing di barisan depan pada balapan selanjutnya.

Hasil kurang memuaskan diterima oleh rekan satu tim Hamilton di Mclaren, Jenson Button. Ia mengalami nasib buruk akibat kesalahan oleh kru pit stop yang tidak memasangkan pengunci ban depan sebelah kanan pada mobilnya. Button harus keluar dari trek dan tidak dapat melanjutkan lagi balapan.

Perubahan kondisi sirkuit sejak balapan di mulai hingga balapan berakhir membuat balapan kali ini sangat menarik. Beberapa kekacauan di pit stop juga mewarnai drama di sirkuit bersejarah masyarakat Inggris ini.

Ferrari yang sejak latihan bebas menunjukan perkembangan yang signifikan mampu membuktikan bahwa mereka belum habis dalam persaingan perebutan gelar juara.

Namun, Silverstone masih meninggalkan masalah yang belum terselesaikan. Pelarangan praktek penggunaan blown diffuser masih berada dalam ketidak pastian. Hal ini tampaknya akan segera dibahas sebelum pelaksanaan balapn selanjutnya di Nurburgring, Jerman.

Hasil Akhir Formula 1 GP Silverstone:

  1. Alonso Ferrari 1:28:41.194
  2. Vettel Red Bull-Renault + 16.511
  3. Webber Red Bull-Renault + 16.947
  4. Hamilton McLaren-Mercedes + 28.986
  5. Massa Ferrari + 29.010
  6. Rosberg Mercedes + 1:00.665
  7. Perez Sauber-Ferrari + 1:05.590
  8. Heidfeld Renault + 1:15.542
  9. Schumacher Mercedes + 1:17.912
  10. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 1:19.108
  11. Sutil Force India-Mercedes + 1:19.712
  12. Petrov Renault + 1:20.600
  13. Barrichello Williams-Cosworth + 1 lap
  14. Maldonado Williams-Cosworth + 1 lap
  15. Di Resta Force India-Mercedes + 1 lap
  16. Glock Virgin-Cosworth + 2 laps
  17. D’Ambrosio Virgin-Cosworth + 2 laps
  18. Liuzzi HRT-Cosworth + 2 laps
  19. Ricciardo HRT-Cosworth + 3 laps

Retirements:

  1. Button McLaren-Mercedes
  2. Buemi Toro Rosso-Ferrari
  3. Kobayashi Sauber-Ferrari
  4. Trulli Lotus-Renault
  5. Kovalainen Lotus-Renault


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda