Scroll to Top

PSSI Tandingan Ingin Ada Aturan Khusus Tentang Naturalisasi

By Aditya / Published on Sunday, 22 Apr 2012

Naturalisasi

PSSI tandingan hasil KLB versi KPSI menyatakan tidak masalah dengan adanya program naturalisasi untuk pemain Timnas Indonesia. Namun, PSSI tandingan menginginkan program naturalisasi diberlakukan untuk pemain yang benar-benar berkualitas dan bisa memberikan yang terbaik bagi persepakbolaan di tanah air.

Hal itu ditandaskan oleh Wakil Ketua Umum PSSI tandingan, Rahim Soekasah. Bahkan, Rahim Soekasah menilai bahwa perlu dibuat aturan khusus untuk program naturalisasi pemain.

”Tidak ada salahnya dengan program naturalisasi, namun perlu dibuat aturan khusus, sehingga hanya menjaring pemain-pemain yang berkualitas tinggi dan mampu memberikan kontribusi berarti bagi bangsa Indonesia,” tandas Rahim Soekasah di Jakarta seperti dikutip dari BolaNet, Minggu (22/4).

Sejauh ini, Indonesia mempunyai beberapa pemain keturunan yang telah menjalani proses naturalisasi sebagai warga negara Indonesia sehingga mereka berhak membela Timnas Indonesia.

Beberapa pemain naturalisasi itu bahkan sudah bergabung dengan klub-klub di kompetisi dalam negeri, seperti Irfan Bachdim dan Kim Jeffrey Kurniawan yang bermain untuk  Persema Malang serta pemain Persija IPL Diego Michiels.

Namun, ada juga  pemain naturalisasi yang tidak mempunyai darah Indonesia semisal Christian Gonzales, Greg Nwakolo, maupun Victor Igbonefo. Selain itu, masih ada lagi beberapa pemain naturalisasi yang hingga kini masih merumput di luar negeri. Sebut saja Sergio van Dijk, Toni Cussel, Stefano Lilipaly, Jhon van Beukering, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda