Scroll to Top

Rp 490 Juta Cukup untuk Membeli Kebahagiaan Anda?

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Apr 2012

Mungkin Anda sering mendengar dari motivator bahwa kebahagiaan itu tidak bisa dibeli dengan uang. Petuah ini ada benarnya. Namun, menurut hasil sebuah penelitian di Amerika Serikat justru mengatakan sebaliknya.

mandi uang

Sebuah survey dari Marist Institute for Public Opinion mengatakan, kebahagiaan dan rasa puas itu bisa dimiliki dengan uang US$ 50 ribu atau setara kurang lebih Rp 490 juta. Jumlah ini adalah ekspektasi pendapatan rumah tangga per tahun.

Sebagian besar responden yang berjumlah total 1.235 orang, mengatakan kurang bahagia kalau pendapatan mereka masih di bawah US$ 50 ribu per tahun. Berbagai penunjang kebahagiaan mereka belum terpenuhi.

Dalam survey ini, ada tiga indikator kepuasan hidup yang ditetapkan. Yaitu  kepuasan dalam perumahan, hubungan bersama teman, dan kepuasan secara keseluruhan.

Paul Hogan, ketua dan pendiri dari Home Instead Senior Care, yang juga menyusun survey ini, mengatakan, kebutuhan materi ternyata saat ini menjadi sesuatu yang dianggap sangat penting. Kebahagiaan tidak melulu hanya dari perasaan senang di hati, namun perlu ada perwujudan materi.

“Uang adalah faktor penting dalam kepuasan terhadap kualitas hidup,” kata Hogan seperti dikutip Antara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda