Scroll to Top

Liga Spanyol: Musim Tersubur Carlos Vela Penyerang Real Sociedad

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 23 Apr 2012

Cuma bermain dalam 37 pertandingan selama tiga musim di Liga Inggris, bukan berarti Carlos Vela, winger Meksiko, adalah pemain gagal. Ketika diberi kesempatan berlaga lebih banyak di liga yang lebih bersahabat, Vela sukses tampil mengilap. Musim ini pemain pinjaman Arsenal sukses mencetak 11 gol untuk Real Sociedad. Untuk pertama kalinya pemain Meksiko sukses menjebol gawang lawan lebih dari 10 kali dalam semusim.

CArlos Vela

Dikontrak Arsenal pada 2005 dengan harga 125 ribu poundsterling —yang meningkat jadi 550 ribu pounds setelah tampil 50 kali untuk The Gunners—, Carlos Vela sempat terganjal masalah izin kerja di Inggris. Maka, ia pun harus merelakan diri untuk dipinjamkan terlebih dahulu ke Salamanca, klub Liga Spanyol.

Di liga yang menjadi tempat bersahabat untuk pemain benua Amerika, Vela pun menunjukkan kelasnya. Dalam 33 pertandingan bersama klub gurem tersebut, Vela mencetak 8 gol dan 15 assist. Sebuah catatan mengilap untuk pemain berusia 18 tahun.

Musim 2007/2008, ia kembali menerima nasib dipinjamkan ke klub Liga Spanyol. Kali ini Osasuna, klub yang bermarkas di Reyno de Navarra. Sayang, kali ini jumlah gol dan assistnya menurun, meski tetap mendapatkan pujian dari media Spanyol.

Musim berikutnya, Arsenal tampaknya ingin mencoba peruntungan dengan bocah Meksiko. Namun, Vela tak banyak mendapatkan kesempatan di skuad besutan Arsene Wenger. Benturan dengan formasi kesukaan Wenger membuat Carlos Vela lebih sering duduk di bangku cadangan. 62 pertandingan di seluruh kompetisi, 11 gol dan 7 assist dibuat Vela dalam 2,5 tahun bersama The Gunners.

Akhir musim lalu, Vela sempat dipinjamkan lagi. Kali ini ke sesama klub Inggris, West Bromwich Albion. Vela membantu West Brom lolos dari zona degradasi dengan mencetak 2 gol dan 1 assist dalam 8 laga.

Dan musim ini, ketika Real Sociedad mendapatkan jatah meminjamnya, Vela seolah ingin menunjukkan kualitas yang sebenarnya. 32 laga, 11 gol, dan 7 assist. Untuk pertama kalinya ia bisa mencetak lebih dari 10 gol dalam semusim. Plus, dua gol bicycle kick. Gol bicycle kick terakhirnya terjadi ke gawang Villarreal akhir pekan ini.

http://www.youtube.com/watch?v=uFiw2_KVB9Y

Real Sociedad yang tertinggal 0-1 hingga menit 85, akhirnya selamat berkat pemain Meksiko. Hasil seri 1-1 membuat klub Anoeta semakin aman dari zona degradasi.

Semakin dekat ke akhir kompetisi, dan semakin menemukan tempat yang cocok untuk kariernya, pemain 23 tahun ini mungkin semakin ingin mempertahankan keberadaannya di Liga Spanyol musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda