Scroll to Top

Foke Akan Giring Musik Dangdut Ke UNESCO?

By angelberta / Published on Tuesday, 24 Apr 2012

Gubenur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia supaya lebih mencintai musik dangdut. Fauzi Bowo alias Foke bersikeras ingin memperjuangkan musik Dangdut agar dapat diakui UNESCO agar tidak hilang atau di klaim oleh negara lain.

Menurut Foke, dangdut merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia. Oleh karena musik dangdut adalah bagian dari budaya bangsa, maka sudah menjadi kewajiban bangsa Indonesia untuk memajukan musik dangdut.

Fauzi Bowo

“Saya kawatir jika kita tidak mencintai musik ini nanti dangdut akan diklaim negara lain seperti halnya reok Ponorogo yang sempat diklaim negara tetangga,” tegas Foke saat membuka seminar musik dangdut Nasional di Jakarta, Minggu (22/4/2012) seperti dilansir situs Okezone.

Selaku Dewan Pembina PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu-Dangdut Indonesia), Foke sangat berharap supaya keberadaan PAMMI bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk para anggotanya khususnya para pemusik dangdut dan pencipta lagu, serta untuk masyarakat Indonesia.

Suatu saat, Foke berkunjung ke Inggris dan Harvard, di Amerika Serikat. Tanpa sengaja dia mendengarkan ada mobil yang memutar musik dangdut. Dia tercengang.

“Dangdut bisa go internasional! Saya pikir itu harus bisa memberikan manfaat kepada artis dan pencipta lagu dangdut,” ujar Gubernur DKI itu tercengang.

Dia mengaku siap membantu merumuskan roadmap musik dangdut menuju pengakuan UNESCO dan dunia. Menurutnya, supaya musik dangdut bisa merambah ke seluruh pelosok dunia, tidak hanya di Jepang dan Amerika.

Tekad kuat untuk bisa menjadikan musik dangdut sebagai kebanggaan nasional akan mampu mengatasi permasalahan yang akan dilalui PAMMI dalam memperjuangkan keberadaan musik dangdut untuk diakui dunia Internasional sebagai budaya Indonesia.

“Untuk memajukan musik dangdut saya siap berkerja keras kepala jadi kaki, kaki jadi kepala agar musik ini bisa menjadi kebanggaan bersama bangsa Indonesia,” ungkap Foke.

Selain itu, Foke juga mewacanakan adanya Hari Dangdut Indonesia. Tujuannya adalah supaya bisa lebih mendekatkan musik dengan seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda