Scroll to Top

Tao Girls: Kurir Seksi Pengantar Barang Situs Jual Beli Online China

By Ibnu Azis / Published on Monday, 23 Apr 2012

Tao Girls

Taobao, situs belanja daring atau e-comerce terbesar di China membuat gebrakan soal delivery service. Jika di tanah air, kurir jual beli online didominasi oleh jasa paket pengiriman, Taobao memanfaatkan gadis-gadis seksi untuk mengirim barang ke konsumen yang kemudian dikenal dengan Tao Girls.

Tentu saja ini merupakan langkah yang inovatif dan diluar kebiasaan. Pertama, cara baru dalam soal delivery service. Kedua, setidaknya wanita-wanita seksi yang mereka pekerjaan sebagai kurir akan memicu minat konsumen lebih giat dalam aktivitas jual beli online.

Lantas bagaimanakan prosedurnya? Sangat sederhana. Setelah memilih produk yang dibeli di Taobao, konsumen bisa memilih model yang akan ditugaskan sebagai kurir dalam mengirim barang ke rumah pembeli. Apakah sewa kurir tersebut gratis? Ternyata tidak.

Ada ongkos yang harus dibayarkan di setiap gadis seksi yang ditunjuk sebagai kurir. Biayanya sekitar 10 Yuan atau USD 1,58 atau sekitar Rp 18 ribu. Sangat terjangkau bukan? Sudah murah, pengantarnya wanita seksi pula. Sangat menarik dan kratif.

Situs jual beli daring di internet hingga saat ini kian marak. Sehingga persaingan antar pasar online semakin ketat. Strategi yang digunakan Taobao dengan Tao Girls-nya adalah sebuah konsep baru dalam delivery service. Dan konsep tersebut pula memberi andil besar Taobao merajai e-comerce China.

The Wall Street Journal mewartakan jika total transaksi Taobao tahun ini menyentuh USD 157 miliar. Taobao sendiri adalah anak perusahaan raksasa teknologi China, Alibaba Group. Apakah ada situs e-comerce tanah air berniat menerapkan strategi Taobao dalam delivery service?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda