Scroll to Top

Bakteri di Meja Makan Cenderung Meningkat Usai Dibersihkan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 23 Apr 2012

clean_table

Tahukah Anda? Sekali pun meja makan di restoran sudah dibersihkan, ternyata justru menjadi tempat berkumpulnya kuman. Bahkan, kondisinya lebih jorok dibandingkan saat belum dilap oleh pegawai restoran yang membersihkannya.

Pertumbuhan bakteri di meja pun cukup fantastis. Peningkatannya sampai rata-rata 18 kali atau 1.827 persen. Menurut rilis studi dari United Voice, penyebabnya adalah peralatan mengelap yang tidak memadai untuk membersihkan meja. Peralatan itu disimpan dengan sembarang dan tidak higienis sehingga menjadi sarang bakteri. Ketika diaplikasikan untuk mengelap meja, bakteri itu berpindah.

Beberapa perangkat pengelap yang menjadi perantara berpindahnya kuman adalah  pembersih dari spons, lap, ember, dan cairan sanitasi. Bahkan, peningkatan jmlah bakteri dari peralatan lebih tinggi pertumbuhan bakteri di perangkat toilet yang “hanya” 43 persen.

“Bahan-bahan pembersih yang bersentuhan dengan permukaan selama pembersihan adalah reservoir untuk kontaminasi bakteri,” kata studi itu, seperti dikutip Times of India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda