Scroll to Top

PSSI Akan Ungkap Riwayat Dualisme Kompetisi Kepada AFC

By Aditya / Published on Tuesday, 24 Apr 2012

ISL & IPL

PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin akan mengungkap riwayat dualisme kompetisi di Indonesia kepada Satgas Rekonsiliasi yang dibentuk oleh AFC dalam pertemuan yang rencananya digelar Selasa (24/4) hari ini, bertempat di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas Rekonsiliasi bentukan AFC mengundang PSSI rezim Djohar Arifin Husin dan juga PSSI tandingan hasil KLB KPSI yang dipimpin oleh La Nyalla Mattalitti untuk datang ke markas AFC di Malaysia. Undangan tersebut terkait dengan upaya penyelesaian konflik PSSI sekaligus dualisme kompetisi yang terjadi di Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Satgas Rekonsiliasi yang digagas AFC itu, PSSI sudah menyiapkan kronologis kelahiran Indonesia Premier League (IPL) hingga memunculkan dualisme kompetisi di Indonesia, yaitu dengan tetap digulirkannya Indonesia Super League (ISL) di bawah pengelolaan PT Badan Liga Indonesia.

”Kami (PSSI) siapkan kronologis adanya dua kompetisi (ISL dan IPL) dan argumen penyebab munculnya dualisme,” jelas Tondo Widodo selaku Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, di Jakarta, Senin (23/4).

Kisruh sepakbola Indonesia memang semakin meruncing ketika PSSI meresmikan IPL sebagai satu-satunya kompetisi tertinggi yang  diakui di Indonesia. Kebijakan ini tidak disepakati oleh sebagian besar klub yang kemudian memilih untuk kembali menggulirkan ISL.

AFC pun akhirnya turun tangan dengan membentuk Satgas Rekonsiliasi untuk mengupayakan terjadinya rekonsiliasi antara dua kubu yang berseteru. Pasalnya, FIFA telah memberikan batas waktu hingga 15 Juni 2012 bagi PSSI untuk menyelesaikan dualisme kompetisi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda