Scroll to Top

Pembekuan Otak Disebabkan Minum Es?

By C Novita / Published on Tuesday, 24 Apr 2012

pembekuan otak karena minum es

Pembekuan otak menurut para ahli adalah rasa pening yang sangat, sesaat setelah minum es atau keramas air dingin kala cuaca sedang panas.

Hampir semua orang pasti pernah merasakan dan mengalami sensasi tersebut di beberapa moment dalam hidup mereka. Hal tersebut terjadi saat minuman dingin, atau es yang mereka konsumsi mengenai dinding atas mulut.

Penelitian tentang bagaimana proses terjadi sakit kepala atau pembekuan otak sesaat kala seseorang meminum air es, membuka jalan pada kemungkinan pengobatan yang lebih baik untuk pasien migrain dan jenis sakit kepala lain.

Pada penelitian tersebut, sejumlah orang diminta untuk meminum air es menggunakan sedotan hingga mengenai dinding langit-langit mulut mereka.

Aliran darah menuju otak mereka lantas dimonitor menggunakan “transcranial doppler test,” yang mengungkap bahwa terjadi peningkatan aliran darah menuju otak melewati arteri serebral anterior.

Ini yang memicu terjadi rasa pening sesaat atau pembekuan otak. Namun, segera setelah aliran darah tersebut normal kembali, maka rasa pening tersebut hilang berangsur.

Pada penderita migrain dan jenis sakit kepala lain, pembekuan otak lebih sering terjadi, sebab adanya perubahan aliran darah otak.

Dikutip dari CBSnews, Dr. Jorge Serrador yang merupakan seorang peneliti Harvard Medical School berkata;

“Otak adalah organ tubuh yang sangat penting dan bekerja terus menerus. Otak juga sensitif terhadap suhu, hingga diperlukan obat yang disebut vasodilasi agar darah hangat mengalir di dalam jaringan untuk memastikan otak tetap hangat.”

Jika suhu otak tidak terjaga dan terus turun, maka akan terjadi hal yang fatal, lanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda