Scroll to Top

Alternatif Wisata Bandung: “Batu Cinta” di Tengah Situ Patenggang

By Ilham Choirul / Published on Monday, 11 Jul 2011

batu-cinta

Di selatan kota Bandung, tapatnya di Ciwidey, ada sebuah danau indah yang sayang untuk dilewatkan. Danau Patenggang namanya, atau dikenal dengan Situ Patenggang. Hawanya sejuk karena berada di ketinggian 1.600 dari permukaan laut. Cukup dua jam perjalanan dari Bandung untuk sampai di sana.

Rutenya bisa diawali dari pintu tol Kopo atau Buah Batu, lalu menuju selatan Bandung. Jangan khawatir tersesat. Rambu sebagai penanda ke arah Ciweday atau Kawah Putih, bisa ditemui dalam perjalanan.

situ-patengganBagai lautan hijau jika Anda menyusuri sepanjang jalan ke Ciweday. Hamparan kebun teh menjadi pemandangan yang paling akrab dijumpai. Berhati-hatilah, karena jalanan berkelok siap menantang adrenalin Anda. Tapi tak perlu tegang, karena Anda melaluinya dengan udara sejuk nan bersih. Merahnya buah strawberry di perkebunan, saat musim berbuah tiba, turut andil menyemarakkan pandangan Anda.

Objek yang favorit di Situ Patenggang adalah “batu cinta”. Batu ini terletak di tengah danau. Menurut legenda, di tempat itulah Ki Santang dan Dewi Rengganis bertemu dan berpisah dalam kisah percintaan mereka. Air yang mengisi danau, diyakini berasal dari kedua air mata mereka. Namanya juga mitos, kadang hanyalah proses “utak-atik gathuk” kata orang Jawa. Namun, bagi yang percaya kisah tersebut, menyambangi “batu cinta”  diyakini dapat melanggengkan hubungan percintaan.

Anda bisa menyusuri danau dengan menggunakan perahu, atau  menggowes sepeda air. Pintar-pintarlah menawar harga sewa untuk mendapatkan tarif murah. Dengan menyewa perahu, Anda bisa mengunjungi pulau kecil di tengah danau yang rindang. Anda bisa beristirahat sejenak di sana.

Kalau ingin sekadar melepas penat dengan berjalan menyusuri pinggir danau, itu juga ide bagus. Karena, Patenggang memiliki keindahan dan kesejukan alam yang bisa membuat Anda kembali segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda